KETELADANAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 LIMA PULUH KOTA

Ratna Dewi, Ratna (2019) KETELADANAN PENDIDIK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 LIMA PULUH KOTA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Coverdkk.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ratna Dewi, NIM. 1514010109, “Keteladanan Pendidik dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di MTsN 1 Lima Puluh Kota.”. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari profil MTsN 1 Lima Puluh Kota sebagai sekolah terfavorit di Kabupaten Lima Puluh Kota yang tidak terlepas dari peran seorang guru pendidikan agama Islam yang profesional. Hal ini mendorong banyaknya peserta didik dari berbagai daerah menuntut ilmu di MTsN 1 Lima Puluh Kota dengan membawa berbagai macam kebiasaan, budaya dan bahasa yang berbeda-beda sehingga penulis menemukan peserta didik yang masih melanggar tata tertib madrasah, mudah tersinggung, mudah marah, berkata kasar, tidak bertanggung jawab, dan kurang bersosialisasi, sehingga masalah ini menarik untuk diteliti. Guru pendidikan agama Islam sangat diperlukan untuk membentuk kepribadian peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana keteladanan pendidik dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 1 Lima Puluh Kota. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1) keteladanan pendidik dalam hal integritas untuk membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 1 Lima Puluh Kota, 2) keteladanan pendidik dalam hal profesionalitas untuk membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 1 Lima Puluh Kota, 3) keteladanan pendidik dalam hal keikhlasan untuk membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 1 Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan pendidik dalam membentuk kepribadian peserta didik, keteladanan dalam hal integritas, profesionalisme dan keikhlasan pada peserta didik oleh guru pendidikan agama Islam di MTsN 1 Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara dengan guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan beberapa orang peserta didik serta dilengkapi dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian peserta didik dapat dibentuk melalui keteladanan pendidik. Keteladanan ini diwujudkan dengan cara 1) bertutur kata, bersikap, dan berpenampilan sesuai dengan karakter religious serta melakukan sesuatu dengan integritas, 2) mengikuti kegitan yang dapat meningkatkan profesionalitas dan 3) keikhlasan dan silaturahmi yang dilakukan secara berkesinambungan, sehingga menjadi teladan dalam membentuk kepribadian peserta didik. Disarankan kepada para guru pendidikan agama Islam di MTsN 1 Lima Puluh Kota agar dapat terus berupaya mengoptimalkan integritas, profesionalisme, dan keikhlasan dalam membentuk kepribadian peserta didik. Kepada kepala sekolah agar terus memberikan dukungan dan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:55
Last Modified: 15 Jul 2022 07:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item