INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Murnawi, Alberi (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI UNTUK PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img]
Preview
Text (Cover,Lembar Persetujuan dan Abstrak)
1. COVER, LEMBAR PERSETUJUAN, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB I,II,III,IV DAN V)
2. BAB I ,II,III,IV,V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (FILE GABUNGAN)
4.GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alberi Murnawi, BP. 088152319,“Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Pengembangan Diri Untuk Pencapaian Tujuan Pendidikan Islam Di SMPN 6 Gunung Talang Kabupaten Solok”,Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang, Padang : 2018. Permasalahan utama yang dibahas dalam tesis ini adalah prilaku siswa yang sudah jauh menyimpang dari ajaran Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan Hadist. Secara umum tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pengembangan diri untuk pencapian tujuan pendidikan Islam di SMPN 6 Gunung Talang Kabupaten Solok. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pengembangan diri terprogram dan tidak terprogram, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pengembangan diri terprogram dan tidak terprogram di SMPN 6 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru Agama dan guru pembina kegiatan pengembangan diri serta siswa. Sumber data sekunder adalah, Wakil Kurikulum, guru Bimbingan Konseling, Tata Usaha, komite SMPN 6 Gunung Talang Kabupaten Solok. Teknik dan alat pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data dengan teknik analisa deskriptif kualitatif, dengan langkah yaitu data yang diperoleh dari wawancara disajikan secara verbal dengan menggunakan kalimat sederhana sebagai penguat data yang diperoleh melalui observasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 6 Gunung Talang Kabupaten Solok, Pengembangan diri terprogram berupa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang terdiri dari tahfizh, nasyid, qasidah rebana, bimbingan kaligrafi dan program babaliak kasurau. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diinternalisasikan yaitu nilai religius, disiplin, jujur, bertanggung jawab, demokratis, bekerja keras dan peduli sosial. Sedangkan pengembangan diri tidak terpogram terlaksana pada kegiatan rutin, spontanitas, keteladanan dan pengkondisian sekolah. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diinternalisasikan yaitu religius, disiplin, peduli lingkungan, peduli sosial, jujur, cinta tanah air, dan gemar membaca. Serta dalam pelaksanaanya juga terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat, baik yang berasal dari diri siswa sendiri, lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan, Karakter, Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:09
Last Modified: 27 Nov 2018 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item