leni meylinda, sari (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA MTsN 5 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover)
Cover leni benar1.pdf - Published Version Download (89kB) |
||
|
Text (Persetujuan Pembimbing)
PEMBIBING.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (Pengesahan Penguji)
PENGUJI.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (Pernyataan)
PERNAYTAAN.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
Text (Persembahan)
II PERSEMBAHAN LENI.pdf - Published Version Download (32kB) |
||
Text (Kata Pengantar)
IV KATA PENGANTAR LENI.pdf - Published Version Download (12kB) |
||
|
Text (Abstrak)
abstrak leni.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI benar.pdf - Published Version Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1 BARU.pdf - Published Version Download (346kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
2 BARU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
|
Text (BAB III)
3 BARU.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
4 BARU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text (BAB V)
5 BARU.pdf - Published Version Download (210kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka2.pdf - Published Version Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (Lampiran)
Nilai MID Sem 1 (Lamp.1).pdf - Published Version Download (783kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Leni Meylinda Sari NIM 1314080757, Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika MTsN 5 Pesisir Selatan,Skripsi. JurusanTadris IPA Konsentrasi Fisika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Hal 1-74. Penelitian ini dilator belakangi oleh pembelajaran berlangsung di kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan ditemukan peserta didik kurang terlibat dalam proses belajar mengajar, terjadi dialog satu arah yaitu guru menjelaskan sementara peserta didik duduk, diam, dengar, catat dan hafal, kurangnya kerjasama antar peserta didik. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika dan proses pembelajaran menyenangkan peserta didik adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD. Berdasarkan latar belakang tersebut,telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) memberikan hasil belajar IPA Fisika lebih baik dari pada Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa di kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Comparison Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik sampel pada penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling dan sampel penelitian adalah kelas VIIB sebagai kelas eksperimen I (model pembelajaran kooperatif tipe (NHT), kelas VIIC sebagai kelas eksperimen II (model pembelajaran kooperatif tipe (STAD). Tes akhir belajar fisika diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 7 soal essay. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t, dengan syarat data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai variansi yang homogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan dengan STAD dilihat dari segi penggunaan waktu selama pembelajaran , (2) hasil belajar siswa di tunjukan dengan hasil pada kelas eksperimen I (NHT)dengan nilai rata-rata adalah 83,48. Pada kelas Eksperimen II (STAD) dengan nilai rata-rata adalah 79,35. Hasil output Independent Sample T-Test, didapat nilai thitung (varians yang sama) adalah 2,558 kemudian ttabel dapat dilihat pada tabel statistic pada signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) n-2 atau 50-2=48. Hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,68, karena thitung>ttabel (2,558> 1,68) sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample t-test, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1diterima, yang artinya “Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) memberikan hasil belajar IPA Fisika lebih baik disbanding Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII MTsN 5 Pesisir Selatan”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 09 May 2018 08:15 |
Last Modified: | 09 May 2018 08:16 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |