HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK DAN IMPLIKASINYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS VIIIDI MTsN LEMBAH GUMANTI

Restu, Anriani (2018) HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN HASILBELAJAR PESERTA DIDIK DAN IMPLIKASINYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELAS VIIIDI MTsN LEMBAH GUMANTI. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (cover,persetujuan pembimbing,abstrak)
Cover, Persetujuan, dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Restu Andriani 1314030234.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul:“ Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti”, (skripsi : 2017) yang disusun oleh Restu Anriani NIM 1314030234, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi banyak peserta didik di MTsN Lembah Gumanti yang kurang memiliki perhatian orangtua dalam belajar&berdampak kepada hasil belajar yang mereka peroleh. Peserta didik banyak yang tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, datang terlambat, tidak lengkap membawa alat tulis dan berada di luar kelas saat pelajaran berlangsung, dan dibatasi pada; gambaran perhatian orangtua, gambaran hasil belajar peserta didik,hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar dan program layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk:mendeskripsikan perhatian orangtua peserta didik di MTsN Lembah Gumanti, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti dan mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti serta program layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti yang berjumlah 285 orang danjumlah sampel sebanyak 42 orang yang diambil dengan penggunaan teknik random sampling. Instrumen penelitianini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution(SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Perhatian Orangtua peserta didik di MTsN Lembah Gumanti tergolong tingkat sedang sebesar 64%. (2) Hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti tergolong tingkat sedang sebesar 72%.(3) Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy = 0,429 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,393 dan untuk signifikan 5%= 0,304, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya di dapat bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar. Semakin baik perhatian orangtua peserta didik maka hasil belajarnya juga semakin baik dan sebaliknya. ABSTRAK Skripsi ini berjudul:“ Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti”, (skripsi : 2017) yang disusun oleh Restu Anriani NIM 1314030234, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi banyak peserta didik di MTsN Lembah Gumanti yang kurang memiliki perhatian orangtua dalam belajar&berdampak kepada hasil belajar yang mereka peroleh. Peserta didik banyak yang tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, datang terlambat, tidak lengkap membawa alat tulis dan berada di luar kelas saat pelajaran berlangsung, dan dibatasi pada; gambaran perhatian orangtua, gambaran hasil belajar peserta didik,hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar dan program layanan Bimbingan dan Konseling untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk:mendeskripsikan perhatian orangtua peserta didik di MTsN Lembah Gumanti, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti dan mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti serta program layanan Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII di MTsN Lembah Gumanti yang berjumlah 285 orang danjumlah sampel sebanyak 42 orang yang diambil dengan penggunaan teknik random sampling. Instrumen penelitianini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution(SPSS) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Perhatian Orangtua peserta didik di MTsN Lembah Gumanti tergolong tingkat sedang sebesar 64%. (2) Hasil belajar peserta didik di MTsN Lembah Gumanti tergolong tingkat sedang sebesar 72%.(3) Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy = 0,429 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,393 dan untuk signifikan 5%= 0,304, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya di dapat bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar. Semakin baik perhatian orangtua peserta didik maka hasil belajarnya juga semakin baik dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:19
Last Modified: 06 Aug 2018 03:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item