Pengaruh Supervisi Akademik Kepala sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Agam

JULI AFRIADI, - (2018) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMA di Kabupaten Agam. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (745kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
JULI AFRIADI.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh supervisi akademik Kepala Sekolah terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam, (2) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam, dan (3) mengetahui pengaruh supervisi akademik Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAI SMA di kabupaten Agam sebanyak 51 orang. Berhubung populasi bersifat homogen dan tersebar di beberapa wilayah yang luas maka teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga sampel terpilih 7 kecamatan (area) dengan jumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji asumsi klasik dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) supervisi akademik Kepala Sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b1) atau slope sebesar 0,607 dan nilai Fhitung (4,552) lebih besar dari Ftabel (2,83), serta nilai signifikansi (0,041) lebih kecil dari nilai α= 0,1. Sedangkan kontribusi supervisi akademik kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,125 atau 12,5%. (2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam. Hal ini dapai diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b2) atau slope sebesar 0,781 dan nilai Fhitung (14,495) lebih besar dari Ftabel (2,83), serta nilai signifikansi (0,001) lebih kecil dari nilai α= 0,1. Sedangkan kontribusi motivasi berprestasi (X2) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,312 atau 31,2 %. Supervisi akademik Kepala Sekolah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama berpengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru PAI SMA di Kabupaten Agam. Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai koefisien regresi (b1) atau slope sebesar 0,245 dan nilai koefisien regresi (b2) atau slope sebesar 0,697 dan nilai Fhitung (7,577) lebih besar dari Ftabel (2,44), serta nilai signifikansi (0,002) lebih kecil dari nilai α= 0,1. Sedangkan kontribusi supervisi akademik Kepala Sekolah (X1) dan Motivasi Berprestasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) sebesar 0,328 atau 32,8%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada (1) Kepala sekolah SMA agar dapat meningkatkan pelaksanaan kegiatan supervisi akademik melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. (2) Guru Pendidikan Agama Islam SMA agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab. Selain itu, diharapkan untuk selalu meningkatkan motivasi berprestasinya sehingga dapat memberi pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru. (3) Bagi peneliti lain yang tertarik untuk melakukan pengkajian lebih mendalam tentang kinerja guru agar lebih memperluas bahasan tentang faktor-faktor atau variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 02:30
Last Modified: 13 Nov 2019 02:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item