NURUL ISRA FEBRIANITA, - (2018) Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (816kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (984kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (600kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori kecerdasan yang lebih banyak ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam menyelesaikan serangkaian tes Intelligence Quotient (IQ) yang kemudian tes itu diubah menjadi angka standar kecerdasan. Howard Gardner dengan teorinya (multiple intelligences) berhasil mematahkan anggapan bahwa tes Intelligence Quotient (IQ) bukan satu-satunya patokan standar penilaian bagi keberhasilan seseorang. Menurutnya dalam diri seseorang terdapat berbagai macam kecerdasan (kecerdasan majemuk) yang harus dikembangkan melalui proses pendidikan. Dalam Islam, kecerdasan merupakan salah satu anugerah terbesar dari Allah Swt. kepada manusia dan menjadikannya sebagai salah satu kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Oleh karena itu manusia dianjurkan untuk menggali dan mengembangkan potensi kecerdasan yang ada di dalam dirinya tersebut dengan sebaik-baiknya, karena pada dasarnya setiap manusia yang dilahirkan telah dianugerahkan potensi kecerdasan untuk berkembang, namun bagaimana kecerdasan itu bisa berkembang, tergantung pada diri manusia itu sendiri. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah Konsep Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Makna Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam, (2) Urgensi Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam, (3) Pengembangan Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam, (4) Implementasi Multiple Intelligences dalam Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode pustaka (library research). sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data utama (primer) yaitu buku-buku yang berkaitan langsung dengan penelitian dan sumber data sekunder yaitu buku-buku yang secara tidak langsung berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Hasil penelitian yang penulis dapatkan berkaitan dengan konsep Multiple Intelligences dalam perspektif pendidikan Islam yaitu sebagai berikut: 1) Menurut pendidikan Islam, Multiple Intelligences merupakan kecerdasan yang ada dalam diri peserta didik yang meliputi berbagai aspek baik aspek intelektual, emosional dan spiritual. 2) Multiple intelligences dalam perspektif pendidikan Islam dinilai memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan anak semenjak usia dini, 3) Multiple intelligences dalam perspektif pendidikan Islam perlu dikembangkan secara menyeluruh dalam diri anak agar potensi-potensi yang ada dalam diri mereka dapat dikembangkan secara sempurna, 4) Implementasi multiple intelligences dalam pendidikan Islam yaitu bertujuan untuk mengarahkan bakat dan minat anak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya melalui berbagai macam penerapan metode di dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 02:25 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 02:25 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6778 |
Actions (login required)
View Item |