Potensi Ekonomi Kreatif Kuliner dan Kerajinan dalam Pengembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang

MARTINA NOFRA TILOPA, - (2018) Potensi Ekonomi Kreatif Kuliner dan Kerajinan dalam Pengembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana potensi ekonomi kreatif dalam pengembangan ekonomi syariah di Kota Padang. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi ekonomi kreatif dalam pengembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang Penelitian ini bercorak field research dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Serta hasil dari kuesioner yang diberikan kepada pelaku ekonomi kreatif. Data sekunder diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang serta Badan Pusat Statistik Kota Padang. Data serta informasi yang diperoleh melalui penelitian lapangan kemudian dianalisis. Dalam menganalisis data digunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal. Hasil penelitian menunjukkan, dilihat dari matrix SPACE, pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang menempati kuadran I yang tergolong agressive dimana posisi potensi ekonomi kreatif terhadap perkembangan Ekonomi Syariah memiliki perkembangan yang kuat dan sedang berkembang dengan stabil. Hal ini menyatakan bahwa potensi ekonomi kreatif terhadap perkembangan Ekonomi Syariah di Kota Padang berada pada posisi yang baik untuk menggunakan kekuatan internal guna memanfaatkan peluang eksternal, mengatasi kelemahan internal, dan menghindari ancaman eksternal. Dari segi pengembangan ekonomi syariah pelaku usaha ekonomi kreatif menerapkan prinsip produksi Islam yaitu memproduksi produk yang halal dan baik, menerapkan nilai-nilai sosial, membuka peluang kesempatan kerja dan usaha bergerak di sektor riil. Strategi yang dihasilkan yaitu, Menciptakan produk yang memiliki ciri khas tersendiri dan menetapkan harga yang mampu bersaing dengan produk luar, meningkatkan pengadaan modal dengan pembiayaan melalui pendirian lembaga keuangan syariah berupa koperasi syariah di mana anggotanya adalah semua pelaku ekonomi kreatif, melakukan promosi yang lebih intensif lagi dengan memperkenalkan produk melalui brosur, iklan dan lewat media sosial serta sering mengikuti pameran atau bazar. Dalam mempromosikan produk melalui brosur, iklan, media sosial atau yang lainnya harus menggambarkan keadaan produk yang sebenarnya, dan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah maupun swasta Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Ekonomi Syariah, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 40 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:15
Last Modified: 13 Nov 2019 01:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item View Item