MINDANI, - (2018) Pemikiran Pendidikan Mohammad Syafe'i Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implementasinya Di INS Kayutanam. Doctoral thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (CEVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK)
COVER, PERSETUJUAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (710kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran strategis yang dimiliki seorang tokoh pendidikan Nasional Mohammad Syafe’i dalam membangun jiwa anak bangsa yang merdeka, mandiri.Disisi lain terjadi penomena keterbelakangan pendidikan akibat penjajahan Belanda. Penelitan ini menjadi penting mengingat, pemikiran pendidikan Mohammad Syafe’i yang bersifat nasionalis sesuai dengan nilai-nilai pendidikan Islam dan sepengetahuan penulisbelum ada yang menelitinya, penelitian ini membuktikan bahwa pemikiran pendidikan Mohammad Syafe’i bercoraknasionalis religius, tidak seperti anggapan dan pendapat yang mengatakan bahwa Syafe’i pro kolonialis dan anti Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemikiran Mohammad Syafe’i tentang pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam, dan bagaimana implementasinya di INS Kayutanam saat ini. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengungkapkan konsep pemikiran Mohammad Syafe’i tentang pendidikan ditinjau dalam perspektif pendidikan Islam, (2) Untuk mengetahui implementasi pemikiran pendidikan Mohammad Syafe’i di INS Kayutanam saat ini, dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis isi. Adapun tahap penelitian yang dilalui adalah: (1) Orientasi, persiapan dan studi pendahuluan, (2) tahap pelaksanaandengan teknik pengumpulan data meliputi studi literatur, observasi lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian inimengungkapkan pada beberapa penemuan tentang konsep pemikiran pendidikan Mohammad Syafe’i ditinjau dalam perspektif pendidikan Islam yaitu:(1) Kurikulum,dalam pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan 3 aspek yaitu aspek akademik, aspek keterampilan dan aspek akhlak mulia (2) Guru, dalam kegiatannya guru mempunyai tugasdan tanggungawab sebagai pendidik dan pengajar, sebagai pendidik guru menjadi contoh tauladan dalam segala aspek seperti, disiplin, tanggungjawab,jujur, dan berakhlaq mulia. sedangkan sebagai pengajar guru harus memiliki dedikasi ilmu yang luas, dan professional, (3). Sarana dan Prasarana,berfungsi sebagai alat pendidikan. (4) Nilai-nilai luhur pendidikan dilakukanmelalui kegiatan kesiswaan, asrama. dan akademik. Implementasi pemikiran Pendidikan MohammadSyafe’i di INS Kayutanam: (1) Kurikulum, di SMA INS Kayutanam menggunakan kurikulum akademik, keterampilan dan akhlaq mulia. (2) Pendidik,guru berperan sebagai pengajar dan Pembina siswa. (3) Sarana dan prasarana, di SMA INS Kayutanam s dilaksanakan oleh yayasan namun belum sempurna dalam pengelolaan, Solusi INS harusmenerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS), dan kerjasama dengan lembaga pendidikan lain.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 46 not found. |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 22:14 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 22:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6709 |
Actions (login required)
View Item |