Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Produk Rokok (Studi Kasus Dosen UIN Imam Bonjol Padang)

SHOFFAN QITAL, - (2018) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Produk Rokok (Studi Kasus Dosen UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN PENGESAHAN)
COVER. PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FULL, GABUNGAN KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Anaisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Produk Rokok (Studi Kasus Dosen UIN Imam Bonjol Padang)”, yang ditulis oleh Shoffan Qital, Nim 1313060506. Jurusan Ekonomi Syariah Konsentrasi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri ( UIN) Imam Bonjol Padang Tahun 2018. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah produk rokok bukanlah salah satu kebutuhan pokok bagi manusia secara teori namun realitanya rokok seolah-olah seperti kebutuhan pokok bagi penikmatnnya, dan jika ditinjau dari segi harga produk rokok saat ini setara bahkan melebihi harga sebungkus nasi yang merupakan salah satu kebutuhan pokok. Maka sudah pasti ada fakor yang mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen rokok. Jika dilihat dari sudut pandang, penikmat rokok hampir dari setiap elemen masyarakat, maka untuk mengetahui faktor keputusan pembelian konsumen alangkah baiknya sampel yang diteliti itu dari kalangan elemen masyarakat yang berpendidikan tinggi, karena rasionalnya mereka tidak akan terpengaruh oleh keputusan pembelian yang dilakukan oleh elemen masyarakat lainnya dikarenakan penggunaan pola pikir yang matang, dan oleh sebab itu peneliti memilih dosen sebagai sampel. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor keputusan pembelian diantaranya; faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi serta bauran pemasaran diantaranya; faktor produk, faktor harga, faktor promosi, dan faktor distribusi berpengaruh terhadap keputusan dosen dalam membeli produk rokok. Dan juga untuk mengetahui dari faktorfaktor tersebut faktor mana yang paling dominan terhadap keputusan pembelian rokok. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu, Nonprobability Sampling. Dikarenakan populasi dosen yang merokok tidak diketahui, maka untuk mencari sampel peneliti menggunakan teknik Snowball Sampling. Untuk menganalisis perilaku pembelian konsumen tersebut, maka dilakukan dengan teknik analisis statistik distribusi frekuensi, kemudian dengan menggunakan skala ordinal kita akan memberi peringkat dari pilihan terbanyak sampai yang sedikit, dengan begitu akan mempermudah menemukan mana faktor yang paling dominan. Hasil dari penelitian ini yang didapat dari penyebaran angket ke 32 dosen yang dipilih menjadi sampel menunjukkan bahwa seluruh faktor, baik itu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologi, faktor produk, faktor harga, faktor distribusi dan faktor promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian produk rokok. Namun dari faktor-faktor tersebut faktor yang paling dominan adalah faktor keinginan pribadi yang ada pada indikator faktor pribadi dengan persentase sebesar 78,13% yang didapat dari 25 dosen yang memilih faktor tersebut.. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Budaya, Sosial, Pribadi, Psikologi, Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2019 07:10
Last Modified: 02 Oct 2019 07:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item