Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Padang Lua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

HAFYARTI MARGARET TYSA, - (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Padang Lua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (704kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (791kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (405kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Kesluruhan.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana pengaruh kehandalan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua Kabupaten Agam. (2) Bagaimana pengaruh ketanggapan terhadap tingkat kepuasan pasien, (3) Bagaimana pengaruh keyakinan atau jaminan terhadap tingkat kepuasan pasien. (4) Bagaimana pengaruh perhatian terhadap tingkat kepuasan pasien. (5) Bagaimana pengaruh tampilan fisik terhadap tingkat kepuasan pasien. (6) Bagaimana pengaruh Pelayanan Kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian yang diperlukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode kueisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Reliability (X1) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua. Dilihat dari uji t menyatakan bahwa nilai t hit 0,514 < t tabel 1.984 dengan signifikan 0,608 > α = 0,05. Selanjutnya Responsiveness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien dipuskesmas Padang Lua. Hal ini terdapat nilai t hit 2,463 > t tabel 1.984 dengan signifikan 0,016 < α = 0,05. Assurance (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua. Hal ini terdapat nilai t hit 1,964 < t tabel 1.984 dengan signifikan 0,052 > α = 0,05. Emphaty (X4) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Terdapat nilai t hit 1.046 < t tabel 1.984 dengan signifikan 0,298 > α = 0,05. Tangible (X5), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua. Terdapat nilai t hit 2,141 > t tabel 1.984 dengan signifikan 0,035 < α = 0,05. Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien, secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua. Untuk Uji F, Kualitas Pelayanan dengan variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Padang Lua. Dilihat dari nilai F hitung 9,779 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Uji R 2 sebesar 0,342 Maka ini berpengaruh pada variabel kepuasan pasien (Y) 34,2 % oleh variabel independen (X) yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emhaty, dan Tangible, sedangkan 65.8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam peneliti. Kata kunci : Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 24 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:43
Last Modified: 26 Sep 2019 04:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6185

Actions (login required)

View Item View Item