MUHAMMAD QAIS, - (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing Prompting Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. Cover-Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (379kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB 1 QAIS.pdf - Published Version Download (82kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB 2 QAIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB 3 QAIS.pdf - Published Version Download (716kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB 4 QAIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB 5 QAIS.pdf - Published Version Download (29kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (25kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
8. SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini disebabkan karena siswa malas berpikir dan memperhatikan guru sehingga pada saat guru memberikan latihan sebagian besar siswa tidak mengerti dengan apa yang harus dibuat dan hanya mencontek kepada siswa yang lebih pintar. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting. Hipotesis penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling. Diperoleh kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting)dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Data sekunder penelitian ini adalah niai Ujian Tengah Semester siswa kelas VIII dan data primernya adalah nilai tes akhir hasil belajar matematika yang dilihat dari aspek kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting (kelas eksperimen) dan model pembelajaran biasa (kelas kontrol). Instrumen tersebut telah memenuhi kriteria yang baik dilihat dari validitas, reabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran soal. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 14 Februari-06 Maret 2018 di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting 80,42 dan pada pembelajaran biasa 74,87. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t tabel = 1,645 dan t = 2,20 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t hitung > t tabel, i hitung hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Probing Prompting lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6167 |
Actions (login required)
View Item |