WIRMITA REHANI, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP N 1 Suliki. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
a. Gabungan cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
Text (BAB I)
b. BAB a I pdf.pdf - Published Version Download (62kB) |
|
Text (BAB II)
c. BAB b II pdf.pdf - Updated Version Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
Text (BAB III)
d. BAB c III pdf.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB IV)
e. BAB IV pdf.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text (BAB V)
f. BAB V pdf.pdf - Published Version Download (28kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
g. DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version Download (28kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
h. gabungan keseluruhan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan di luar pengalaman peserta didik sehari-hari, terutama mata pelajaran Matematika yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, sehingga materi menjadi sulit dipahami peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik terkadang tidak begitu menarik perhatian peserta didik seperti yang biasanya terjadi pendidik mengajar menggunakan buku teks disertai alat peraga yang sudah bertahun-tahun digunakan sehingga minat belajar dan pemahaman peserta didik kurang terhadap materi yang diajarkan. Teknologi multimedia mampu memberi kesan yang besar dalam bidang media pembelajaran karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio dan video. Sehingga dengan adanya media yang berbasis teknologi akan dapat menarik perhatian peserta didik untuk lebih konsentrasi dalam belajar dan memahami materi yang dipelajari. Peneliti mengembangkan media pembelajaran Matematika berbasis augmented reality menggunakan unity 3D pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP N 1 Suliki dengan kurikulum yang dipakai adalah KTSP 2006. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality yang valid (2) untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality yang praktis, dan (3) untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Definition, Design, Development dan Dissemination. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 1 Suliki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas, lembar praktikalitas dan lembar efektifitas. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality menggunakan unity 3D pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP N 1 Suliki. (2) menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality menggunakan unity 3D pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP N 1 Suliki dengan kualitas produk valid diperoleh hasil 82,4 dengan kriteria sangat valid, praktis diperoleh hasil 87,1, dengan kriteria sangat praktis, dan efektif diperoleh hasil 78,5 dengan kriteria efektif. Kata Kunci : Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6163 |
Actions (login required)
View Item |