FITRI SRI SUSANTI, - (2018) Upaya Mewujudkan Kepercayaan Diri Peserta Didik melalui Konseling Kelompok oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP N 3 Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version Download (524kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (535kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (153kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FULL GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepercayaan diri peserta didik, banyaknya peserta didik yang tidak memiliki kepercayaan diri, terutama dalam hal belajar dan hubungan sosial, oleh karena itu unit bimbingan dan konseling mengidentifikasi kesulitan dan hambatan-hambatan pribadi yang dialami oleh peserta didik dengan memberikan layanan konseling kelompok. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah tahap-tahap dalam upaya mewujudkan kepercayaan diri peserta didik melalui konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling, hasil yang diperoleh dalam upaya mewujudkan kepercayaan diri peserta didik melalui konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling, faktor pendukung dan Penghambat pelaksanaan konseling kelompok oleh guru bimbingan dan konseling dalam mewujudkan kepercayaan diri peserta didik di SMP N 3 Gunung Talang Kabupaten Solok. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan gambaran yang objektif tentang pelaksanaan konseling kelompok dalam upaya mewujudkan kepercayaan diri peserta didik, penelitian yang menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang (saat peristiwa sedang berlansung) dan menjadikannya sebagai alat pengumpul data. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarakan penelitian yang penulis lakukan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok dalam upaya mewujudkan kepercayaan diri peserta didik yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling adalah memberikan lima tahap, yang terdiri dari cinta diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas, komunikasi, dan berfikir positif. Hasil yang diperoleh oleh guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan konseling kelompok masih belum tercapai semaksimal mungkin dikarenakan ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan konseling kelompok, diantaranya adalah dari segi alokasi waktu yang pelaksanaan konseling kelompok hanya satu kali dalam sebulan dengan kelas yang berbeda, sarana dan prasarana seperti kursi untuk pelaksanaan konseling kelompok tidak memadai dan tidak adanya AC, kurangnya motivasi peserta didik untuk mengikuti pelaksanaan konseling kelompok serta kurangnya guru bimbingan dan konseling. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan konseling kelompok adalah tersedianya fasilitas ruangan bimbingan dan konseling, meskipun hanya cukup untuk pelaksanaan konseling individual, adanya dukungan yang diberikan oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan personil sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 05:54 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 05:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6078 |
Actions (login required)
View Item |