NUR AZIMAH, - (2018) Perbedaan Kemandirian Belajar Peserta Didik Single Parent dan Double Parent (Keluarga Utuh) Di SMPN 02 Sintoga. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover, Pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version Download (287kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Download (363kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (61kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
File Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul:“Perbedaan Kemandirian Belajar Peserta Didik single Parent dan Double Parent (Keluarga utuh) di SMPN 02 Sintoga”, (skripsi : 2018) yang disusun oleh Nur Azimah NIM 1314030671, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa banyak peserta didik di SMPN 02 Sintoga memiliki orangtua tunggal, yang semangat kemandirian belajarnya tinggi dan tidak kalah sama peserta didik yang memiliki keluarga utuh, sehingga terdapat perbedaan kemandirian belajar bagi peserta didik single parent dan double parent. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik single parent di SMPN 02 Sintoga, mendeskripsikan kemandirian belajar peserta didik double parent di SMPN 02 Sintoga, dan untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar peserta didik single parent dengan peserta didik double parent di SMPN 02 Sintoga serta Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah peserta didik single parent dan peserta didik double parent yang berjumlah 68 orang peserta didik SMPN 02 Sintoga. Pemilihan subjek mengunakan teknik total sampling dan purposive random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket dan untuk melihat perbedaan kemandirian belajar peserta didik single parent dan double parent, digunakan rumus uji-t dengan teknik Independent Sampel Test melalui program statistik SPSS for windows release 20. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Kemandirian belajar peserta didik single parent pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan nilai skor rata-rata = 181,82,(2) Kemandirian belajar peserta didik double parent pada umumnya berada pada kategori sedang dengan nilai skor rata-rata = 175,82,(3) Diperoleh nilai t = 1,535, sig = 000 (p<005), sehingga didapatkan kesimpulan kemandirian belajar peserta didik single parent memiliki kemandirian belajar yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik double parent.Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik single parent dengan peserta didik double parent. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peserta didik, untuk meningkatkan kemandirian belajarnya dan kepada orangtua peserta didik disarankan untuk meningkatkan perhatiannya kepada anak dalam belajar, agar tercapai kemandirian belajar yang maksimal. Kepada guru pembimbing untuk menyusun dan mengembangkan program, serta memberikan pelayanan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan tepat, sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta didik berdasarkan prestasi belajar yang diperolehnya. Adapun berbagai layanan bimbingan dan konseling seperti layanan informasi, layanan penguasaan konten, dan layanan lainnya yang bisa membangkitkan kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 06:31 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 06:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6065 |
Actions (login required)
View Item |