Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Basaman Barat

RENA WAHYU, - (2018) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Basaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER. ABSTRA)
Cover, Persetujuan Pembimbing, dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul:“Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat”, (skripsi : 2018) yang disusun oleh Rena Wahyu NIM 1314030883, pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini berdasarkan fakta dari lapangan yang penulis temukan bahwa motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar, banyak peserta didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang kurang memiliki motivasi dalam belajar & berdampak kepada hasil belajar yang mereka peroleh. Peserta didik tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran, datang terlambat dan berada di luar kelas saat pelajaran berlangsung. berdasarkan masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik SMPN 1 Ranah Batahan? dan dibatasi pada; gambaran motivasi belajar peserta didik, gambaran hasil belajar peserta didik, dan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, mendeskripsikan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dan mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 152 orang dan jumlah sampel sebanyak 110 orang yang diambil dengan penggunaan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS ) versi 20.00, serta dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) Motivasi belajar peserta didik di SMP N 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat tergolong kurang baik sedang sebesar 48,1%. (2) Hasil belajar peserta didik di SMPN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat tergolong tingkat tidak baik 53%. (3) Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa rxy = 0,738 lebih besar dari rtabel untuk signifikan 1% = 0,254 dan untuk signifikan 5%= 0,195, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga kesimpulannya didapat bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar artinya semakin baik motivasi belajar peserta didik maka hasil belajar yang diperoleh juga semakin baik dan sebaliknya, semakin tidak baik motivasi belajar peserta didik maka hasil belajar yang diperoleh juga tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:23
Last Modified: 11 Sep 2019 06:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item