Denny, Saputra (2017) Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Peserta didik Berbakat di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, UIN imam bonjol padang.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (475kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Peserta didik Berbakat di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.”, (Skripsi: 2017) yang disusun oleh Denny Saputra NIM. 412 354, pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang masalah dalam penelitian ini, berdasarkan fakta lapangan yang penulis temukan melalui observasi dan hasil wawancara pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang, mereka mengatakan bahwa ia memiliki bakat di bidang akademik dan juga dapat dilihat dari hasil belajarnya, yang memiliki bakat di bidang akademiknya dan peserta didik yang memiliki bakat masih memiliki sifat ke individualis dan peserta didik lebih cepat merasa bosan, ingin maju sendiri dan masih memiliki sikap yang kurang baik. Dari tingkat kognitifnya peserta didik berbakat sudah baik tetapi dari tingkat afektifnya masih kurang baik, maka dari itulah peserta didik berbakat perlu bimbingan dan konseling. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi peserta didik Berbakat kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang?. Sedangkan batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Layanan Informasi bagi peserta didik berbakat kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang, Layanan bimbingan kelompok bagi peserta didi berbakat kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang dan Konseling individual bagi peserta didik berbakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah, untuk mengetahui: Layanan Informasi bagi peserta didik berbakat di kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang, Layanan Bimbingan kelompok bagi peserta didik berbakat di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang, Layanan konseling individual bagi peserta didik berbkat di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan gambaran lengkap tentang suatu keadaan. Temuan dan hasil penelitian bahwa: (1) Layanan Informasi yang telah diberikan kepada peserta didik berbakat di kelas VIII SMP N 7 Padang di antaranya: cara berargumentasi yang baik bertingkah laku, saling menghargai antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain, tata tertib sekolah, tata krama, etika bergaul dengan teman sebaya yang baik, sopan santun dan menjadi pribadi yang menyenangkan dilingkungan sosial.(2) Layanan bimbingan kelompok bagi peserta didik berbakat di kelas VIII SMPN 7 Padang, tersebut dapat meningkatkan perubahan pola tingkah laku peserta didik dalam berinteraksi sosial dengan teman sebayanya, dan saling menghargai di dalam berpendapat dan tidak bersifat individual lagi sudah mau bekerja sama dalam satu kelompok.(3) Layanan bimbingan konseling individual bagi peserta didik berbakat di kelas VIII SMP N 7 Padang, dalam mengahadapi masalah peserta didik melalui layanan konseling individual yang akan memberikan pemahaman dan penyadaran secara lansung kepada peserta didik, sehingga peserta didik menyadari kesalahannya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Perpus UIN IB Padang |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 14:37 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 14:37 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/532 |
Actions (login required)
View Item |