YULIA SILFIA, - (2018) Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Lembah Gumanti Menggunakan Indikator NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics) Pada Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (471kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (570kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya evaluasi mendalam tentang analisis kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa Kelas VIII SMPN 4 Lembah Gumanti, sehingga selalu berdampak pada hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan koneksi dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan indikator NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.B yang terdaftar pada semeter II tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian yang dijadikan sumber data kualitatif terdiri dari 6 siswa berdasarkan kemampuan koneksi dan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelompok atas, 2 siswa kelompok menengah dan 2 siswa kelompok bawah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Waktu penelitian dimulai pada tanggal 22 - 26 Mei 2018 di SMPN 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok tahun ajaran 2017/2018 Semester Genap. Setelah dilakukan tes diperoleh data kemampuan koneksi matematis siswa yang dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah. Siswa kelompok tinggi ada 17%, siswa kelompok sedang ada 35% dan siswa kelompok rendah ada 48%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan koneksi matematis siswa tergolong “rendah”. Berdasarkan indikator koneksi antartopik matematika dikategorikan “rendah”, pada indikator kemampuan koneksi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dikategorikan “rendah” dan pada indikator kemampuan koneksi dengan bidang ilmu lain juga dikategorikan “sangat rendah”. Selanjutnya untuk kemampuan komunikasi matematis siswa kelompok tinggi ada 17%, siswa kelompok sedang ada 66% dan siswa kelompok rendah ada 17%. Secara umum kemampuan komuniksi matematis siswa tergolong “cukup”. Berdasarkan indikator mengungkapkan ide-ide atau gagasan secara lisan maupun tulisan dikategorikan “cukup baik”, selanjutnya pada indikator kemampuan komunikasi tentang memahami dan mengevaluasi ide matematika secara lisan dan bentuk visual lain dikategorikan “baik” dan pada indikator kemampuan komunikasi yang menggunakan istilah, notasi matematika dan struktur-strukturnya dalam menyajikan suatu ide dikategorikan “rendah”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 18 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 07:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2879 |
Actions (login required)
View Item |