MEGA ANGGRAINI, - (2018) Based Learning (PBL) ditinjau dari Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Payakumbuh Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (255kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (727kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (217kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP N 4 Payakumbuh tahun ajaran 2018/2019. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada kemampuan komunikasi matematika peserta didik yang belajar melalui model pembelajaran biasa di kelas VII SMP N 4 Payakumbuh tahun ajaran 2018/2019 serta untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar melalui model pembelajaran biasa di kelas VII SMP N 4 Payakumbuh tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 4 Payakumbuh tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 275 orang. Teknik pengambilan sampel berupa random sampling dengan sampel terpilih adalah peserta didik kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol yang terlebih dahulu ditentukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 78,25 dan 68,91; sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 76,28 dan 68,91. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk kemampuan komunikasi matematika peserta didik, diperoleh bahwa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 28 not found. |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 03:24 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 03:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2878 |
Actions (login required)
View Item |