Pelaksanaan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Pesisir Selatan

NOOR LATIFATUL QALBY, - (2018) Pelaksanaan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode diskusi yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Pesisir Selatan. Tetapi berdasarkan pengamatan dalam pelaksanaan metode diskusi yang digunakan guru belum mampu menumbuhkan ketertarikan dalam membangkitkan keaktifan peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Pesisir Selatan. Batasan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana rencana pelaksanaan metode diskusi, bagaimana pelaksanaan metode diskusi, serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sejarah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan metode diskusi pada pembelajaran sejarah, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sejarah, untuk dapat mengetahui faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan metode diskusi dalam pembelajaran sejarah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Pesisir Selatan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru mata pelajaran sejarah, peserta didik kelas XI IPS, dan kepala sekolah MAN 1 Pesisir Selatan. Dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, analisis data, triangulasi, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini, maka dapat ditemukan bahwa persiapan guru adalah merumuskan tujuan yang akan dicapai, menentukan materi yang akan didiskusikan, menentukan jenis metode diskusi. Pada saat diskusi dilaksanakan peserta didik sudah langsung berkelompok, peserta didik yang tertunjuk sebagai penyaji mempresentasikan materinya, adanya kelompok lain bertanya dan memberikan masukan, lalu guru duduk ditempat dan membimbing jalannya diskusi, pada tahap penutup guru me-review dan menguatkan kembali materi yang telah didiskusikan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi pada pembelajaran sejarah kurangnya sikap kesiapan peserta didik dalam belajar, tidak meratanya taraf pengetahuan peserta didik, waktu pelajaran yang terbatas, serta sarana dan prasarana yang belum memadai, faktor pendukung yaitu sebelum diskusi dilaksanakan guru telah memberikan tugas kepada peserta didik untuk membaca materi dari sumber yang telah tersedia, adanya sumber belajar, serta fasilitas yang memadai untuk tempat pelaksanaan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2019 04:46
Last Modified: 22 Jun 2019 04:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2859

Actions (login required)

View Item View Item