PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 PESISIR SELATAN

YUNIA ASTARINA, - (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text
7. Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text
8. File Gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya penerapan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VII MTsN 3 Pesisir Selatan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan observasi didapatkan informasi diantaranya pembelajaran IPA Fisika di MTsN 3 Pesisir Selatan menggunakan model konvensional, dimana proses pembelajaran IPA Fisika di kelas VII masih menekankan pada aspek pengetahuan dan pemahaman materi. Selama ini pendidik lebih banyak memberikan latihan-latihan mengerjakan soal-soal pada LKPD atau buku paket. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang terlatih mengembangkan keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah dan menerapkan konsep yang telah dipelajari disekolah kedalam dunia nyata. Dalam pembelajaran di kelas pun dapat terlihat bahwa pendidik telah berusaha sebaik mungkin dalam mengajar. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu cara agar pendidik tidak lagi satu-satunya sumber informasi dan peserta didik dapat lebih aktif dan terampil dalam pembelajaran. Salah satu cara tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe POE (Predict-ObserveExplain ) pada pembelajaran IPA-Fisika peserta didik kelas VII MTsN 3 Pesisir Selatan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model POE (Predict-Observe-Explain) lebih baik dari pembelajaran Konvensional di Kelas VII MTsN 3 Pesisir Selatan. Model penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan randomizad control-group only design, sampel penelitian yang digunakan peserta didik kelas VII yaitu peserta didik kelas VII sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan penerapan POE (Predict-Observe-Explain) sedangkan kelas kontrol dilakukan pembelajaran konvensional. Adapun instrumen untuk aktivitas belajar di ambil dari lembar observasi dan aspek kognitif berupa soal essay. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. i 4 Dari penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik untuk kelas eksperimen 82,2 dan untuk kelas kontrol 77. Data diperoleh, t = 1,68 pada taraf nyata 0,05. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel , sehingga H 0 ditolak dan H diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan POE (Predict-Observe-Explain) lebih baik dari pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN 3 Pesisir Selatan 1 Kata kunci: POE, berpikir kritis, aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:49
Last Modified: 17 Jun 2019 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item