Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Menggunakan Program Sigil Pada Materi Klasifikasi Materi dan Suhu

NURHALIZA, - (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Menggunakan Program Sigil Pada Materi Klasifikasi Materi dan Suhu. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB)

Abstract

Nurhaliza. 1414080581. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E- Modul Menggunakan Program Sigil pada Materi Klasifikasi Materi dan Suhu. Skripsi. Tadris IPA Konsentrasi Fisika Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Masalah penelitian ini adalah adalah Media yang sering digunakan pendidik hanya papan tulis, spidol, dan sesekali alat peraga yang cenderung kurang menarik. Buku pembelajaran yang digunakan jumlahnya terbatas, sehingga peserta didik tidak semuanya mendapatkan, oleh karena itu peserta didik memiliki kecenderungan tergantung pada apa yang disampaikan pendidik dari pada membaca buku. Seiring dengan perubahan teknologi komuniasi pendidikan. Salah satu satu solusi bagi permasalahan ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan program Sigil pada materi klasifikasi materi dan suhu. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis e-modul dengan menggunakan program Sigil pada pokok bahasan klasifikasi materi dan suhu untuk peserta didik MTsN 7 Pesisir Selatan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D mulai dari tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji validitas media pembelajaran dilakukan oleh lima orang ahli yaitu satu orang ahli bahasa, dua orang ahli materi, dan dua orang ahli media. Uji praktikalitas media pembelajaran dilakukan oleh dua orang pendidik IPA dan 15 orang peserta didik kelas VII MTsN 7 Pesisir Selatan. Uji efektivitas terhadap media pembelajaran dengan melihat minat peserta didik menggunakan lembar angket efektifitas oleh peserta didik kelas VII MTsN 7 Pesisir Selatan. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan program Sigil pada materi klasifikasi materi dan suhu diminati oleh peserta didik. Media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan program Sigil pada materi klasifikasi materi dan suhu sangat valid menurut lima validator, sangat praktis menurut dua pendidik IPA serta 15 peserta didik dan sangat efektif menurut 23 peserta didik kelas VII MTsN 7 Pesisir Selatan. Dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis e-modul menggunakan program Sigil pada materi klasifikasi materi dan suhu sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam media pembelajaran di MTsN 7 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2019 06:27
Last Modified: 16 Jun 2019 06:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item View Item