MUHAMMAD ARIF BUDIMAN, - (2018) Penerapan Metode Quantum Learning Tipe TANDUR Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 06 Sigando Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER, PERSETUJUAN,ABSTRAK PDF.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (494kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (704kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (167kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (165kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 06 Sigando Kota Padang Panjang. Hal ini disebabkan karena guru kurang menggunakan metode yang bervariasi, pembelajaran cenderung berpusat kepada guru, sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran . Usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan penerapan metode quantum learning. Penerapan metode quantum learning dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengembangkan potensi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Quantum Learning tipe TANDUR pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa di kelas V SDN 06 Sigando Kota Padang Panjang serta mengetahui pemahaman konsep siswa lebih tinggi setelah menggunakan metode quantum learning tipe TANDUR dari pada sebelum menggunakan metode quantum learnig tipe TANDUR. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu one group pretest – posttest design. One group pretest – posttest design merupakan eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa kelompok pembanding. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 06 Sigando Kota Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling . Instrumen yang digunakan berupa tes essay sebanyak 10 soal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa rata-rata hasil pretest adalah 58,94 dan rata-rata hasil posttest adalah 79,74 dan skor N-Gain 0,51 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 6,92 dan ttabel = 2,14 dimana thitung > ttabel (6,92 > 2,14), sehingga hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN 06 Sigando kota Padang Panjang setelah menggunakan metode quantum learning lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan metode quantum learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa menjadi lebih tinggi setelah menerapkan metode quantum learning pada pembelajaran IPA kelas V SDN 06 Sigando Kota Padang Panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2019 01:00 |
Last Modified: | 31 May 2019 01:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2810 |
Actions (login required)
View Item |