Pengaruh Model Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Pesera Didik pada Kelas V SDN Sumpur Kabupaten Tanah Datar

DESI RATNASARI, - (2018) Pengaruh Model Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Pesera Didik pada Kelas V SDN Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER. PENGESAHAN DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
FILE FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan rata-rata nilai 73,3% yang tidak mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan model Time Token di kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada pelaksanaan dan hasil belajar peserta didik pembelajaran IPS di Kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model Time Token dalam meningkatkan hasil pembelajaran IPS di kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian “One- Group Pretest And Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Pemilihan sampel adalah dengan total sampling yaitu pengambilan sampel ini dilakukan dengan mengambil seluruh peserta didik kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar. Peserta didik kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar berjumlah 15 orang. Teknik untuk menganalisis data adalah dengan menggunakan uji-t. Karena data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian, diperoleh tes awal (pretest) dengan nilai rata-rata peserta didik adalah 71,3. Peserta didik yang tuntas adalah 6 orang dengan persentase ketuntasannya adalah 40%. Sementara pada tes akhir (posttest) nilai rata-rata peserta didik adalah 77,7 dan peserta didik yang tuntas adalah 10 orang dengan persentase 66,7%. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Diperoleh t hitung 3,53 dan t tabel 2.14, karena t hitung > t tabel (3,53 > 2.14) dengan a = 0,05, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS peserta didik sebelum diajarkan dengan menerapkan Model Time Token dengan setelah menerapkan Model Time Token. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 09 Sumpur Kabupaten Tanah Datar, yaitu pada pembelajaran konvensioal terdapat ketuntasan hasil belajar 40% sedangkan pada saat menggunakan model Time Token terdapat ketuntasan 66,7%. Terdapat peningkatan hasil belajar sebanyak 26,7%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 32 not found.
Date Deposited: 27 May 2019 03:56
Last Modified: 27 May 2019 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item