RIZKA VERNANDA, - (2018) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik melalui Strategi Inkuiri pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 34 Air Dingin. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVR SKRIPSI.pdf - Published Version Download (35kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (721kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (608kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV yang belum mencapai kriteria ketuntasan (KKM) IPS yaitu dengan nilai 75. Berdasarkan hasil MID IPS peserta didik semester II tahun pelajaran 2017/2018 yaitu, dari 32 peserta didik hanya 15 orang (50%) yang tuntas, sedangkan yang belum tuntas berjumlah 16 orang atau 50%. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran peserta didik tidak tekun dalam mengerjakan tugas, tidak berminat dalam belajar dan tidak dapat mempertahankan pendapatnya atau tidak percaya diri, serta peserta didik kurang aktif menemukan masalah dalam pembelajaran sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini dibatasi pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi masalah sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV melalui penerapan strategi inkuiri. strategi inkuiri adalah strategi pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik dalam proses penemuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dalam menggunakan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPS peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu meliputi : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret- April 2018 dalam dua siklus, dengan cara berkolaborasi antara peneliti dengan pendidik, dimana peneliti bertindak sebagai pendidik dan wali kelas IV bertindak sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 34 Air Dingin yang berjumlah 32 orang. Dari penelitian siklus I dan siklus II, Motivasi peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu : siklus I pertemuan I dan 2 yang tekun menghadapi tugas 69% (cukup), ulet menghadapi kesulitan 75%(baik), menunjukan minat dalam belajar 72% (baik), lebih senang bekerja mandiri 62% (cukup), dapat mempertahankan pendapatnya 56% (kurang), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu yang tekun menghadapi tugas 91%(sangat baik), ulet menghadapi kesulitan 84% (sangat baik), menunjukan minat dalam belajar 87%(sangat baik), lebih senang bekerja mandiri 97% (sangat baik), dapat mempertahankan pendapatnya 97% (sangat baik). Sedangkan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I dari 32 peserta didik yang tuntas 19 peserta didik atau 59,4% yang dinyatakan tuntas dan 13 peserta didik atau 40,6% dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 67. Sedangkan hasil tes siklus II mengalami peningkatan dari 32 peserta didik, 27 peserta didik atau 84,4% dinyatakan tuntas dan 5 peserta didik atau 15,6% dinyatakan tidak tuntas, dengan nilai rata-rata kelas peserta didik 82. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan strategi inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas IV di SDN 34 Air Dingin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2019 15:34 |
Last Modified: | 23 May 2019 15:34 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2784 |
Actions (login required)
View Item |