M. SAIDI, - (2018) Pembinaan Soft Skill Santri Pondok Pesantren Al-Barkah Gunung Tua Kec.Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
Cover dll.pdf - Published Version Download (329kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (61kB) |
|
Text
Gabungan.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pembinaan Soft Skill Santri Pondok Pesantren AlBarkah Gunung Tua Kec. Ranah Batahan Kab. Pasaman Barat ” yang ditulis oleh M. Saidi, NIM. 1314010827. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di Pondok pesantren al-Barkah Gunung Tua, terlihat bahwa soft skill menempati posisi yang penting dalam pendidikan pondok pesantren, sebagaimana diketahui bahwa para santri yang berada di pondok pesantren berasal dari latar belakang yang berbeda-beda menyebabkan soft skill yang berbeda-beda, untuk menjadikan soft skill santri menjadi baik salah satunya dengan cara membina santri di pondok pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan soft skill santri pondok pesantren al-Barkah, meliputi program pembinaan soft skill santri, langkah-langkah pembinaan soft skill santri dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan soft skill santri pondok pesantren al-Barkah Gunung Tua. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan program pembinaan pondok pesantren al-Barkah Gunung Tua, meliputi langkah-langkah pembinaaan soft skill, faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan soft skill santri pondok pesantren al-Barkah Gunung tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan apa adanya mengenai data melalui sumber data yaitu pimpinan pondok pesantren, pembina pondok pesantren, para guru yang mengajar dipondok pesantren dan santri-santri pondok pesantren al-Barkah Gunung Tua dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian di lapangan menemukan bahwa: pertama, membuat program yang menyeimbangkan konsumsi ilmu agama dan ilmu umum. Kegiatannya meliputi pengajian kitab, muhadharah, yasinan, tahlilan, belajar kelompok, muhadatsah, english day dan kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, langkah-langkah pembinaan di klasifikasikan menjadi beberapa kategori, antara lain: pembinaan dalam shalat berjamaah, membaca al-Qur’an, pengontrolan dalam belajar malam dan kegiatan ekstrakulikuler seperti: olahraga, muhadharah, latihan pidato/kultum, praktek ibadah, silat, kesenian, marawis, dan qasidah rebana. Ketiga, faktor pendukung pembinaan soft skill adanya sarana dan prasarana untuk santri dalam melaksanakan kegiatan. Kemudian didukung dengan adanya kerjasama yang baik antara pimpinan, pembina, pengawas, pengurus dan para majelis guru serta semua oknum yang terlibat dalam mendukung pembinaan santri di Pondok Pesantren AlBarkah Gunung Tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus UIN IB Padang |
Date Deposited: | 17 May 2019 03:41 |
Last Modified: | 17 May 2019 03:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2740 |
Actions (login required)
View Item |