GUSMA NELLY, - (2018) METODE HAFALAN AL-QUR'AN PADA ANAK USIA DINI DI PG-TKIT ADZKIA III PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER_PERSETUJUAN_ABSTRAK.pdf - Published Version Download (424kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (172kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (280kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text
1414010036_GUSMA NELLY_PAI.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Metode Hafalan Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Playgroup Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Adzkia III Padang” yang disusun oleh Gusma Nelly, 1414010036, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya fakta anak memiliki kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an. Ketika dalam menghafal Al-Qur’an ustadzah menggunakan metode yang menarik. Metode yang digunakan diantaranya metode gefal, metodetalaqqi, metode takriry, dan metode fahim Qur’an. Dalam penggunaan metode tersebut dapat mempermudah dan mempercepat anak dalam menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian bagaimana metode hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini di PG-TKIT Adzkia III Padang, dengan batasan masalah sebagai berikut: Metode Gefal yang diterapkan pada anak usia dini, Metode Talaqqi yang diterapkan pada anak usia dini Metode Takriry Al-Qiraati Al Juz’iyang diterapkan pada anak usia dini, Metode Fahim Qur’an yang diterapkan pada anak usia dini dan Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di PG-TKIT Adzkia III Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang metode menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di PG-TKIT Adzkia III Padang. Terutama Metode Gefal, MetodeTalaqqi,Metode Takriry Al-Qiraati Al Juz’i, Metode Fahim Qur’an dan Faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di PG-TKIT Adzkia III Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data sesuai apa adanya di lapangan.Sumber data primer adalah guru Tahfizh, sedangkan sumber data sekundernya wakil kepala sekolah, walikelas dan anakanak di TK.Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) metode gefal yakni ustadzah mengkolaborasikan sistem penghafalan dengan gerakan isyarat. 2) metode talaqqi yakni siswa mendengar ayat-ayat yang akan dihafal dari bacaan ustadzah dan siswa menyetorkan hafalan yang baru dihafal kepada ustadzah. 3) metode takriry Al-Qiraati Al-Juz’i yakni menghafal dengan cara diulang-ulang dan disertai modifikasi. 4) metode FAHIM Qur’an yakni menghafal Al-Qur’an dengan edukasi permainan.Evaluasi yang digunakan adalah Evaluasi harian yang dilakukan oleh pengajar dalam proses belajar mengajar selama pembelajaran masih dilanjutkan sampai selesai dan evaluasi bulanan yaitu kompre dilakukan oleh penguji yang didatangkan dari luar pihak sekolah. Faktor pendukungnya adalah bakat dan minat anak, pemberian motivasi, reward atau piagam dan kerjasama guru dengan orang tua anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 13 May 2019 03:44 |
Last Modified: | 13 May 2019 03:44 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2730 |
Actions (login required)
View Item |