Strategi Pembinaan Tahfizh Al-Qur'an di SMP Islam Terpadu Adzkia Padang

YANDRA DIRIZKI, - (2018) Strategi Pembinaan Tahfizh Al-Qur'an di SMP Islam Terpadu Adzkia Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
COVER_PERSETUJUAN_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text
BAB II..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pembinaan Tahfizh Alquran di SMP Islam Terpadu Adzkia Padang” yang disusun oleh Yandra Dirizki, Nim. 1414010048 pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. SMP IT Adzkia Padang menerima peserta didik dari beragam latar belakang, seperti SD, SDN, SDIT, MI, MIN. Peserta didik tersebut ada yang telah mengikuti program tahfizh dan ada yang belum di sekolahnya. Ketentuan jumlah jam pelajaran di SMP IT Adzkia Padang 47 jam. Sementara berdasarkan standar menurut UU no 4 tahun 2015 pada pasal 1 mensyaratkan 38 jam. Oleh sebab itu perlu ada strategi dalam pembinaan tahfizh Alquran pada situasi kegiatan yang padat tersebut. Disamping itu kondisi internal peserta didik yang duduk ditingkat SMP secara psikologis dalam masa pubertas dan labil. Batasan masalah, bagaimana perencanaan pembinaan tahfizh Alquran di SMP IT Adzkia Padang, bagaimana rangkaian kegiatan yang digunakan dalam pembinaan tahfizh Alquran, bagaimana langkah evaluatif dalam pembinaan tahfizh Alquran di SMP IT Adzkia Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan pembinaan tahfizh Alquran, (2) Rangkaian kegiatan yang digunakan dalam pembinaan tahfizh Alquran (3) Langkah evaluatif dalam pembinaan tahfizh Alquran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif sumber datanya adalah guru bidang studi Alquran (tahfizh) yang menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel gejala atau kejadian. Sumber datanya adalah guru bidang studi Alquran (tahfizh) yang berjumlah sembilan orang, sumber data sekundernya yaitu Kepala Sekolah dan siswa SMP IT Adzkia Padang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dengan reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Dari analisis data yang diperoleh bahwa: (1) Perencanaan pembinaan tahfizh Alquran di SMP IT Adzkia Padang ialah menargetkan semua siswa lulusan minimal mempunyai hafalan 3 juz Alquran (kelas reguler), 5 juz Alquran (kelas boarding), 30 juz (kelas khusus). (2) Rangkaian kegiatan yang digunakan dalam pembinaan tahfizh Alquran ada dua yang pertama adalah mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat hafalan dan yang kedua pembinaan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi yang bervariasi sesuai dengan keadaan peserta didik, seperti strategi ziyadah ( menghafal mandiri), strategi pengelompokkan, strategi motivasi, strategi pengulangan ganda. (3) langkah evaluatif yang digunakan ada tiga yaitu: muraja’ah ujian semester dan “kompre”. Dengan langkah Evaluatif yang dilakukan maka dari 86 orang siswa kelas VII 50% telah ada yang mampu menghafal 1 juz bahkan ada siswa yang sudah hafal 5 juz untuk kelas VIII dan IX. dengan hasil tersebut maka pembinaan tahfizh Alquran di SMP IT Adzkia Padang terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 03:43
Last Modified: 13 May 2019 03:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item