Pelaksanaan Pembelajaran Program Tahfiz al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pariaman

RISKA FITRI, - (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Program Tahfiz al-Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
gabungan.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Pelaksanaan Pembelajaran Program Tahfiz alQur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pariaman”. Ditulis oleh Riska Fitri, NIM. 1414010228. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang masih malas dan kurang cepat dalam menghafal al-Qur’an karena daya tangkap mereka yang berbeda-beda, maka dari itu peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran program tahfiz al-Qur’an di MTsN 3 ini. Karena menghafal al-Qur’an merupakan suatu proses, mengingat materi yang dihafalkan harus sempurna, karena ilmu tersebut dipelajari untuk dihafalkan, bukan untuk dipahami. Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pelaksanaan program tahfidz alQur’an di MTsN 3 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambargambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: pertama, Perencanaan pembelajaran tahfiz qur’an di MTsN 3 Kota Pariaman merupakan kegiatan menetapkan serangkaian tindakan-tindakan yang akan dilakukan dalam rangka mencapai tujuan dengan cara menggunakan sumber daya yang dimiliki secara maksimal. Yaitu menetapkan tujuan serta merumuskan dan mengatur pendayagunaan manusia, finansial, isi/materi kegiatan, metode, waktu/jadwal dan sarana kegiatan untuk memaksimalisasi efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan, yaitu mempersiapkan waktu untuk melaksanakan program yang tidak mengganggu proses belajar mengajar siswa dan kegiatan ekstra kurikuler yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kedua, Pelaksanaan program ekstra unggulan tahfiz al-Qur’an di MTsN 3 Kota Pariaman saat ini sudah berjalan cukup baik, semuanya tidak terlepas dari usaha dan kerjasama semua pihak, mulai dari kepala sekolah sebagai motor utama, waka kurikulum, guru Pembina tahfiz, majelis guru, serta dukungan dari orang tua dan motivasi dari siswa itu sendiri. Ketiga, Untuk evaluasi dalam pembelajaran program tahfiz, siswa diberikan tugas dalam bentuk pertanyaan atas materi ayat yang telah dipelajari. Setelah itu siswa disuruh mengartikan ayat perkata kemudian setelah hafal, siswa bergantian menyetor hapalan kepada guru tahfiz dengan membawa agenda penilaian nya. Bagi siswa yang hafal lebih dari dua juz tersebut, boleh juga menyetor hafalannya, itu sebagai nilai tambah baginya. Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi, Pembelajaran Program

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2019 00:55
Last Modified: 11 Sep 2019 00:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item