MUHAMMAD SYUKRA, - (2018) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada pelajaran akidah akhlak di MTsN 5 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (373kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (584kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (351kB) |
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (150kB) |
|
Text
Full Teks.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTsN 5 Padang tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 130 dari 278 peserta didik belum mencapai nilai KKM ,75 yang ditetapkan oleh sekolah. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini yaitu gambaran hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay, gambaran hasil belajar peserta didik menggunakan model konvensional, perbedaan antara hasil belajar peserta didik yang memakai model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dengan model konvensional di MTsN 5 Padang. Tujuan penelitian ini pertama untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diterapkan dengan model pembelajaran Course Review Horay pada pelajaran Akidah Akhlak. Kedua, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas control yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pelajaran Akidah Akhlak, dan ketiga untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model Course Review Horay dengan model konvensional pada pelajaran Akidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Control Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 5 Padang. Untuk mendapatkan kelas sampel maka dilakukan pemilihan sampel secara simple random sampling yaitu dengan cara undian kelas. Dari 9 kelas VII yang dipilih secara undian maka kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.7 dan kelas kontrol VII.8 . Teknik analisis data dan uji normalitas menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes hasil belajar kelas eksperimen 83,08 dan rata-rata nilai tes hasil belajar kelas kontrol 72,33. Persentase ketuntasan belajar peserta didik yang mencapai nilai KKM kelas eksperimen sebesar 83%, pada kelas kontrol sebesar 57%. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan program SPSS versi 22 diperoleh signifikan dari tabel hasil analisis diperoleh
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 00:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 00:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2713 |
Actions (login required)
View Item |