LIDRA, - (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol PADANG. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
BAB 1 .pdf - Published Version Download (654kB) |
|
Text
BAB 2 .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (594kB) |
|
Text
BAB 3 .pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text
BAB 4 .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
|
Text
BAB 5 .pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (355kB) |
|
Text
Gabungan.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Skripsi “Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ImamBonjol Padang”, oleh Lidra, NIM.1414010271, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang 2018. Latar belakang penelitian ini adalah strategi pembelajaran merupakan komponen terpenting didalam pencapaian tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran menyenangkan merupakan strategi pengorganisasian pembelajaran dengan cara meningkatkan daya tarik pembelajaran melalui bahan ajar yang disajikan, media pengajaran yang digunakan, mengelola jadwal dan pengalokasian pengajaran yang diorganisasikan. Humor dapat menghindarkan seseorang dari rasa bosan berlebihan. Selain itu pembelajaran yang menyenangkan akan membuat situasi pembelajaran menjadi lebih tearah meski situasi-situasi sulit untuk melangsungkan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagimana Bapak Zainimal dan Bapak Rusli di dalam 1. Perencanaan Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 2. langkah-langkah Penerapan Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 3. Hambatanhambatan yang di hadapai oleh Bapak Zainimal dan Bapak Rusli dalam menerapkan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, langkah-langkah dan Hambatanhambatan yang dihadapi oleh Bapak Zainimal dan Bapak Rusli dalam penerapan strategi pembelajaran menyangakan dengan humor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sumber penelitian bersama Bapak Zainimal dan Bapak Rusli serta mahasiswa/i yang mengabil mata kuliah dengan Bapak Zainimal dan Bapak Rusli. Pengolahan data adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Serta untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini di dalam perencanaan penerapan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Perencanaanya tidak terlepas dari silabus dan tujuan pembelajaran, Pada pertemuan perdana dosen yang menerapakan bisa menjalin komunikasi dan interaksi dengan mahasiswa/i, kemudian menyelipkan sisipan humor melalui anekdot humor (cerita singkat). Sedangkan langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran pembelajaran yaitu langkah yang pertama yaitu mencitrakan diri agar dicap sebagai seorang dosen yang menyenangkan dan bersahabat dikegiatan inti sesekali menyisipkan anekdot humor dan di kegiatan penutup memberikan statement closing, yang mengandung unsur tawa mahasiswa/i.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2019 00:52 |
Last Modified: | 11 Sep 2019 00:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2710 |
Actions (login required)
View Item |