Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Group to Group Exchange dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Pasaman

RIA ANGGRAINI, - (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Group to Group Exchange dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img]
Preview
Image
3. Pengesahan Penguji.jpg - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
7. Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
Skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangai oleh pembelajaran yang kurang aktif. Kurangnya partisipasi siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran berlangsung. Batasan masalah pada penelitian ini adalah tentang aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa serta tentang faktor penghalang dan penunjang strategi GTGE yang mengikuti pembelajaran dengan strategi aktif GTGE dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan perbedaan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui faktor penghalang dan penunjang strategi GTGE yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif GTGE dengan siswa yang diajarkan secara konvensional di kelas X IPS SMAN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini ada 10 kelas yaitu kelas X MIPA dan X IPS SMAN 1 Pasaman Tahun Ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X IPS 2(kelas eksperimen) dan X IPS 4(kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes objektif untuk penilaian aspek kognitif. Aspek afektif dan psikomotor menggunakan lembar penilaian observasi. Teknik untuk menguji hipotesis adalah uji kesamaan satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Penelitian ini menggambarkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 1 Pasaman sudah lebih baik karena siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran, mereka berlomba-lomba menyampikan pendapatnya dan bertanya tentang sesuatu yang kurang mereka pahami sehingga pembelajaranpun berjalan efektif. Rata-rata hasil belajar PAI siswa pada ranah kognitif kelas ekperimen 79,87 dan kelas kontrol 73,60. Rata-rata hasil belajar siswa ranah afektif kelas ekperimen 81,52 dan kelas kontrol 79,65. Rata-rata hasil belajar PAI siswa pada ranah psikomotor kelas ekperimen 82,08 dan kelas kontrol 79,91. Berdasarkan uji t dengan SPSS versi 24 atau hasil analisis diperoleh dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ( 0,000 < 0,025) dalam uji dua sisi. Sehingga H iv 0 ditolak dan H diterima. Artinya terdapat pengaruh atau perbedaan antara hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran aktif group to group exchange dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PAI di kelas X SMAN 1 Pasaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2019 23:54
Last Modified: 10 Sep 2019 23:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2693

Actions (login required)

View Item View Item