Konsep Manajemen Qalbu Dalam Pembelajaran PAI

RIKO OKTAVIARDI, - (2018) Konsep Manajemen Qalbu Dalam Pembelajaran PAI. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text
Cover, pengesahan dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA riko.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi dengan melihat masalah pendidikan yang terjadi saat ini. Pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang dan pendidikan telah mampu membawa setiap orang ke arah yang lebih baik. Akan tetapi pendidikan belum sepenuhnya berhasil mewujudkan konsep pendidikan Islam sebagai sarana perubahan tingkah laku dan kepribadian diri. Hal ini dilihat dari berbagai kasus yang terjadi diantaranya banyak peserta didik, berotak cerdas tapi mental dan moralnya masih lemah karena suksesnya belajar diwujudkan dengan berubahnya akhlak dan tingkah laku dan perubahan itu diawali dengan menata hati agar senantiasa dekat kepada Allah SWT. Manajemen qalbu dengan menata keikhlasan menjaga ibadah dan selalu berdzikir kepada Allah SWT merupakan cara yang bisa digunakan peserta didik dan pendidik dalam melatih dan membersihkan hati dari berbagai penyakit dalam pembelajaran PAI. Adapun rumusan dari penulisan skripsi ini adalah “Bagaimana konsep manajemen qalbu dalam pembelajaran PAI”. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep manajemen qalbu dengan cara menata keikhlasan dalam pembelajaran PAI, manajemen qalbu dengan menjaga ibadah dan memperbanyak dzikir dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library research ) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian yang ada di pustaka. Sumber data primer dari penelitian ini adalah data yang diperoleh langsung dari Al-Qur’an dan Hadits serta buku karangan Abdullah Gymnastiar , Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah, dan tafsir Al-Misbah . Sedangkan sumber data sekunder yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah buku buku yang berkaitan dengan manajemen qalbu. Manajemen qalbu dalam pembelajaran PAI dapat dilakukan dengan pertama, menjaga keikhlasan dalam belajar. Ikhlas merupakan salah satu pilar pokok yang harus dimiliki oleh semua orang terkhusus peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan meluruskan niat dengan tujuan mengharap ridha Allah SWT, selalu mengawali pelajaran dengan berdo’a serta tidak curang dalam menuntut ilmu. Kedua adalah menjaga ibadah, peserta didik harus dibimbing agar menjaga ibadah terutama ibadah shalat ,puasa zakat dan haji. Dan berusaha menanamkan nilai nilai dari ibadah tersebut dalam pembelajaran dan kehidupan sehari hari. Ketiga adalah memperbanyak dzikir. Setiap manusia yang menghabiskan waktu mengingat Allah maka Allah SWT akan semakin dekat dengannya dan menjadikan hatinya tentram . Memperbanyak dzikir dapat dilakukan dengan membaca asmaul husna, tahlil, do’a-do’a, tilawah dan istighfar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2019 23:52
Last Modified: 10 Sep 2019 23:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item