YUNI FITRIANI, - (2018) Perbedaan Hasil Belajar antara Metode PQ4R dengan Metode Konvensional Pada Pembelajaran PAI di SMP N 30 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text
cover,persetujuan,abstrak.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (505kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (345kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (359kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (307kB) |
|
Text
full.gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP N 30 Padang tahun ajaran 2017/2018 yang sebagian besar belum mencapai KKM, (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang di tetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran PAI. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana hasil pre test pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R di SMP N 30 Padang? Bagaimana hasil pre test pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional di SMP N 30 Padang? Bagaimana hasil post test pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode PQ4R di SMP N 30 Padang? Bagaimana hasil post test pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional di SMP N 30 Padang? Apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara metode PQ4R dengan metode konvensional pada pembelajaran PAI Kelas VII di SMP N 30 Padang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan hasil belajar antara metode PQ4R dengan metode konvensional pada pembelajaran PAI Kelas VII di SMP N 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian control group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik dikelas VII SMP N 30 Padang tahun ajaran 2017/2018 semester ganjil. Untuk mendapatkan kelas sampel yaitu maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak (Random Sampling) karna populasi memiliki data homogen dan normal. Kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah VII.5 dan kelas eksperimen adalah kelas VII.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian rata-rata nilai tes hasil belajar eksperimen 81,67 dan rata-rata nilai tes hasil belajar kelas kontrol 76,40 persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 69%, sedangkan pada kelas kontrol adalah 53%. Berdasarkan hasil uji-t dengan bantuan SPSS versi 16 atau analisis diperoleh nilai t adalah 6,856 pada derajat kebebasan 31 lebih besar dari pada 2,039 dilihat dari tabel sebaran t dengan nilai signifikan 2-tailed lebih kecil dari nilai kritisnya 0,05 (0,000 < 0,05) berarti t > t tabel yaitu 6,856 > 2,039 sehingga H a diterima dan H ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara metode PQ4R dengan metode konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PAI siswa dengan penerapan metode PQ4R lebih baik dari pada hasil belajar PAI siswa yang menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2019 03:58 |
Last Modified: | 07 May 2019 03:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2687 |
Actions (login required)
View Item |