Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terdapat Dalam Q.S Al-

FEBRI MALFI, - (2018) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terdapat Dalam Q.S Al-. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.

[img] Text (cOVER. PERSETUJUAN DAN aBSTRAK)
a. cover, persetujuan pembimbing, abstrak.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB I)
b. BAB I.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (BAB II)
b. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
b. BAB III.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
b. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text (BAB V)
b. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
c. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (FULL TEKS)
d. Gabungan keseluruhan.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Febri Malfi, NIM 1414010530, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam Surah Al-„Ashr”, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi karena proses pendidikan selama ini dianggap belum sepenuhnya berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bahkan, banyak yang menyebut pendidikan telah gagal, karena banyak lulusan sekolah atau sarjana yang piawai dalam menjawab soal ujian, berotak cerdas, tetapi mental dan moralnya lemah. Pendidikan karakter memiliki peranan yang penting dalam menanamkan keimanan, kesabaran, kemandirian, kedisiplinan, bertanggung jawab, kreatif, dan berakhlak mulia. Surah Al-‘Ashr memuat beberapa pilar pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman oleh peserta didik maupun pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran seharihari. Adapun rumusan dari penulisan skripsi ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam surah Al-‘Ashr. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter beriman dalam surah Al’Ashr, untuk mengetahui karakter beramal shaleh dalam surah Al-‘Ashr, dan untuk mengetahui karakter sabar dalam surah Al-‘Ashr. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian yang ada di pustaka. Sumber data primer dari penelitian ini adalah tafsir Al-Mishbah karangan M. Quraish Shihab, tafsir Al-Azhar karangan Syaikh Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah, tafsir Al-Maraghi karangan Ahmad Mustafa Al-Maragi, Shafwatut Tafasir karangan Syaikh Muhammad Ali Ash-Shabuni, tafsir Ibnu Katsir karangan Ibnu Katsir, dan tafsir Fi Zhilalil Qur’an karangan Sayyid Quthb. Sedangkan sumber data sekunder yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Dalam mengkaji surah Al-‘Ashr ini penulis menggunakan metodologi penafsiran pendidikan yaitu gabungan metode tahlily dan metode maudhu’i. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam surah Al’Ashr ini adalah, pertama adalah karakter beriman. Peserta didik harus lah ditanamkan karakter beriman sejak dini seperti yang terdapat dalam surah Al-‘Ashr tersebut. Kedua yaitu karaker beramal shaleh. sudah sepantasnyalah para peserta didik pada zaman sekarang ini meniru karakter beramal shaleh dalam surah Al-‘Ashr ini. Diantaranya yaitu sikap jujur dan peduli dengan sosial. Ketiga yaitu karakter sabar. Pendidik tidak boleh merasa jengah atau bosan dalam memberi nasehat kepada peserta didiknya, pendidik harus memiliki kesabaran yang ekstra dalam proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 07:10
Last Modified: 06 May 2019 07:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item