MEGA SUSILAWATI, - (2018) Strategi Pembelajaran Fikih pada kelas VIII MTsN Tanah Tubuh Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, UIN IB Imam Bonjol.
Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
COVER PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (568kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (581kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version Download (522kB) |
|
Text (FULL TEKS)
SKRIPSI FULL MEGA SUSILAWATI.pdf - Published Version Download (8MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Strategi Pembelajaran Fikih pada Kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh Kabupaten Muara Bungo Provinsi Jambi”. ditulis oleh Mega Susilawati,NIM. 1414010778. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini bahwa :tugas guru sebagai seorang guru tidak hanya terbatas pada penyampaian materi/pengetahuan kepada siswa, tetapi guru juga mempunyai strategi yang tepat guna pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa.Rumusan masalah penelitian ini adalahapa saja strategi pembelajaran fikih yang digunakan guru pada kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh Kabupaten Muara Bungo Jambi?. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui :1) Faktor yang menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran fikih pada kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh 2) Bentuk- bentuk starategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fikih Pada Kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh. 3) Taktik penerapan strategi dalam pembelajaran fikih pada Kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh. 4) Kendala yang dihadapi guru fikih dalam menerapkan strategi pembelajaran fikih pada kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah majelis guru di kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan : 1)Faktor yang menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran fikih pada kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh dengan menganalisis tujuan yang hendak dicapai, menganalisis kemampuan dasar siswa, menganalisis durasi waktu dalam pembelajaran, menganalisis penggunaan media yang menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. 2) Bentuk- bentuk starategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fikih Pada Kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh dengan menetapkan metode yang akan digunakan seperti ceramah, diskusi, tanya jawab dan drill, mendisain langkah-langkah pembelajaran, menetapkan dan menyediakan media yang akan digunakan, mengembangkan materi pelajaran dengan membuat bahan ajar, menggunakan berbagai sumber yang relevan dengan materi, merencanakan evaluasi siswa. 3) Teknik penerapan strategi dalam pembelajaran fikih pada Kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh dengan memulai pembelajaran dengan berdoa, memotivasi siswa, melaksanakan pembelajaran sebagaimana yang telah direncanakan, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, menyimpulkan pembelajaran. 4) Kendala yang dihadapi guru fikih dalam menerapkan strategi pembelajaran fikih pada kelas VIII MTsN Tanah Tumbuh berupa kemampuan dan motivasi siswa yang berbeda menyebabkan ada siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, kemudian dari segi waktu yang sedikit sehingga guru tidak dapat mengefektifkan waktu yang tersedia serta sarana dan prasarana yang belum mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran fikih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 01:23 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 01:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2646 |
Actions (login required)
View Item |