AGIATRI, MULYANA (2018) KOMUNIKASI ANTAR-PERSONAL GURU DAN MURID DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus/ TPA/ TPSA Nurul Falah Bodi, Nagari Balimbing, Kec. Rambatan, Kab. Tanah Datar). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
Cover dkk.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (254kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183kB) |
|
Text (Full Skripsi)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Komunikasi antar-personal adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka, seperti yang dinyatakan oleh R.Wayne Pace bahwa "Interpersonal communication involving two on more people in a face to face setting. Menurut sifatnya, komunikasi antar pribadi dapat dibedakan atas dua macam, yakni komunikasi diadik (dyadic communication) dan komunikasi kelompok kecil (small group communication).Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh komunikasi kurang baik yang dilakukan guru pada murid dengan menggunakan komunikasi yang keras dan menggunakan tindakan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini “ Bagaimana komunikasi Antarpersonal Guru dan Murid dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Belajar Membaca Al-Qur’an (studi kasus TPA/TPSA Nurul Falah Bodi Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar)”. Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui bagaimana komunikasi diadik(dyadic communication) pada guru dalam meningkatkan pengetahuan tentang belajar membaca Al-Qur’an di TPA/TPSA Nurul Falah Bodi Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar, dan kedua untuk mengetahui bagaimana komunikasi kelompok kecil yang dilakukan oleh guru pada murid di TPA/TPSA Nurul Falah Bodi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpalan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi informan penelitian ini guru dan murid TPA/TPSA Nurul Falah Bodi. Data-data penelitian di analisis secara kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa: pertama, guru dalam meningkatkan pengetahuan tentang belajar membaca Al-Qur’an dapat penulis katagori kedalam komunikasi diadik yaitu komunikasi diadik dalam bentuk percakapan, komunikasi diadik dalam bentuk dialog dan komunikasi diadik dalam bentuk wawancara. Kedua, guru menggunakan komunikasi kelompok kecil yaitu dalam bentuk tatap muka dan diskusi. Komunikasi diadik digunakan guru ketika dalam proses belajar dan mengajar, sedangkan komunikasi kelompok kecil digunakan ketika guru berdiskusi dengan orang tua dan murid yang nakal, dan ketika belajar menciptakan seni dan irama baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Users 14 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 04:45 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 04:45 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2528 |
Actions (login required)
View Item |