ZAINAL EFENDI, ZAINAL (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R ( PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW ) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X BOGA SMK N 1 SINTUK TOBOH GADANG KAB. PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.
Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABSTRAK)
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R.pdf - Published Version Download (377kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (476kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (GABUNGAN SKRIPSI)
FULL SKRIPSI PDF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Judul skripsi ini adalah Efektivitas Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X BOGA SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman, ditulis oleh Zainal Efendi, NIM 1314010511 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 1439 H/2018 M. Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya peserta didik yang kurang tertarik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terjadi karena peserta didik kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar PAI peserta didik kelas X BOGA SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman tahun pelajaran 2016/2017 yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diterapkan oleh sekolah yaitu 75. Oleh sebab itu, perlu strategi pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik memahami materi dengan baik agar hasil belajar PAI meningkat. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran PQ4R. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1. (2). Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 2. (3). Mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik menggunakan strategi PQ4R dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan SPL pada mata pelajaran PAI di kelas X BOGA 1 dengan kelas X BOGA 2 SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (Randomized Control Group Only Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X BOGA SMKN I Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak ( Cluster Random Sampling), setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata maka diperoleh sampel kelas X BOGA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X BOGA 2 sebagai kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 25 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 02:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 02:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2436 |
Actions (login required)
View Item |