PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 2 PANTI KABUPATEN PASAMAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

yossinirwana, sari (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 2 PANTI KABUPATEN PASAMAN TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (cover)
cover dan pers abstrak.pdf - Published Version

Download (837kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III revisi.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (gabungan)
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Yossi Nirwana Sari: : NIM.1314040076 Pengaruh Penggunaan Media Prezi Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX Smpn 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pada pembelajaran matematika yang berdampak pada aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IX di SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur tahun pelajaran 2017/2018. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan media Prezi dalam Pembelajaran matematika pada peserta didik tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana aktivitas belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media prezi ? dan Apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media Prezi lebih tinggi dari pada tidak menggunakan media?”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur dengan menggunakan media Prezi (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur meningkat menggunakan media Prezi dibandingkan dengan tidak menggunakan media sama sekali . Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman Timur tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mendapatkan kelas sampel maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata untuk semua kelas populasi. Setelah semua kelas diketahui normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata maka dilakukan pemilihan kelas sampel secara acak. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IX.3 dan kelas kontrol adalah kelas IX.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik setiap pertemuan mengalami peningkatan dan perolehan rata-rata nilai tes kelas eksperimen 81,56 dan rata-rata nilai tes kelas kontrol 75,12. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (1,8217.>.1,645) dengan αi=i0,05 pada selang kepercayaan 95 %, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan media Prezi lebih tinggi di bandingkan dengan tidak menggunakan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects:
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:54
Last Modified: 22 Nov 2018 02:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item