Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Se Kecamatan Sipirok

Ganti, Arisman (2024) Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru PAI di Sekolah Dasar Se Kecamatan Sipirok. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER -DAFTAR ISI)
ARISMAN_GANTI_2120010018_COVER-DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (794kB)
[img] Text (BAB I)
ARISMAN_GANTI_2120010018_BAB_I.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (BAB III)
ARISMAN_GANTI_2120010018_BAB_III.pdf - Published Version

Download (627kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
ARISMAN_GANTI_2120010018_BAB_V-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ARISMAN_GANTI_2120010018_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya guru PAI yang bersertifikasi tidak memiliki kinerja baik. Masalah yang muncul adalah masih adanya guru PAI yang bersertifikasi yang tidak lengkap administrasi kelas dan terdapat masalah kedisiplinan guru dengan terlambat detang kesekolah. Melihat fenomena itu dilakukan penelusuran mengenai hal-hal yang dapat menentukan kinerja seseorang menjadi baik. Cerminan kinerja yang baik merupakan peranan penting adanya kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) pengaruh antara kompetensi guru terhadap kinerja guru, 2) pengaruh antara motivasi kerja terhadap kinerja guru, 3) pengaruh antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru, dan 4) pengaruh antara kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah guru PAI bersertifikasi se Kecamatan Sipirok. Sampel penelitian diambil secara keseluruhan dari populasi yang ada dengan jumlah 45 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan capaian sebesar 30,7%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan capaian sebesar 19,6%, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan capaian sebesar 21,6%, dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru PAI bersertifikasi se Kecamatan Sipirok dengan capaian sebesar 31,6%. Berdasarkan paparan tersebut dapat dimaknai bahwa tinggi rendahnya kinerja guru ditentukan oleh tinggi rendahnya masing-masing variabel kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja guru PAI bersertifikasi diperlukan kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja yang tinggi. Rekomendasi dalam penelitian mengacu pada variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Pada penelitian ini hanya mendeskripsikan pengaruh variabel kompetensi guru, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru PAI bersertifikasi se Kecamatan Sipirok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 11 Sep 2024 20:10
Last Modified: 11 Sep 2024 20:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23888

Actions (login required)

View Item View Item