Fungsi Keluarga dalam Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia

Satria, Hamzah (2024) Fungsi Keluarga dalam Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
HAMZAH_SATRIA_2020010020_COVER_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
HAMZAH_SATRIA_2020010020_BAB_I.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (BAB III)
HAMZAH_SATRIA_2020010020_BAB_III.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
HAMZAH_SATRIA_2020010020_BAB_V-DAFTAR_ISI.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (FULL TEXT)
HAMZAH_SATRIA_2020010020_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hamzah Satria NIM : 2020010020, “Fungsi Keluarga dalam Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia” Tesis : Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang. Keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan masyarakat. Permasalahan tesis dalam penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keluarga terbentuk diawali dengan terjadinya perkawinan. Perkembangan karakter seorang anak berdasarkan nilai-nilai Islami dipengaruhi oleh perlakuan keluarga dan kondisi pendidikan di Indonesia pada umumnya. Fungsi keluarga harus dilakukan sejak dini, sehingga dapat terwujud keluarga sejahtera, tangguh dan berkualitas. Karakter adalah sesuatu yang dibentuk, dikonstruksi, seiring dengan berjalannya waktu dan semakin berkembangnya seorang anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana fungsi keluarga dalam Pendidikan karakter dan relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia? Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) Untuk mengetahui bagaimana fungsi keluarga dalam perspektif Islam. (2) Untuk mengetahui bagaimana relevansinya pendidikan karakter dengan Pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kajian pustaka (Library Research). Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah subjek dari mana data tersebut dapat diperoleh. Apabila peneliti menggunakan studi kepustakaan dalam pengumpulan datanya, maka sumber data ada di buku. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis dan yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga mudah dipahami, dan di temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa fungsi keluarga dalam Pendidikan karakter meliputi fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan Pendidikan. Adapun, relevansi fungsi keluarga dalam Pendidikan karakter dengan Pendidikan di Indonesia menunjukkan bahwa keterlibatan aktif keluarga dalam pendidikan anak tidak hanya meningkatkan kualitas karakter individu, tetapi juga mendukung tujuan pendidikan nasional dan kurikulum merdeka yang berfokus pada materi dan pengembangan karakter anak. Dengan demikian, tesis ini merekomendasikan peningkatan sinergi antara pendidikan formal dan non-formal, serta perlunya program yang mendorong partisipasi orang tua dalam pendidikan karakter. Relevansi penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia yang lebih holistik dan berorientasi pada karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keluarga, Pendidikan Karakter, Pendidikan Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:45
Last Modified: 10 Sep 2024 00:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/23748

Actions (login required)

View Item View Item