Hidayatul, Merlin (2024) Pengembangan E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT_Merlin Hidayatul Alhamdulillah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Download (861kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA/MA, dengan kualitas valid dan praktis. Pengembangan E-LKPD mengikuti langkah Model Plomp, dengan tahapan pleminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pada pengembangan tahap prototipe digunakan untuk menilai validitas produk dari segi isi/materi, konstruksi dan bahasa yang dinilai oleh dosen ahli. Data praktikalitas penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan angket praktikalitas pendidik dan peserta didik SMA Negeri 1 Sutera. Hasil penilaian menunjukkan bahwa E-LKPD Fisika sudah Valid dari aspek isi, konstruk dan bahasa, dengan rata rata hasil uji validitas adalah 85%. Uji kepraktisan produk oleh praktisi untuk aspek keterbacaan dan kemudahan penggunaan E-LKPD sudah termasuk ketegori sangat praktis dengan skor rata-rata 91,88%. Sedangkan keterlaksanaan E-LKPD Fisika dinilai oleh dua orang observer dengan nilai rata-rata 3,78% dengan kategori sangat praktis dan Percentages Of Agreements 90,38% dengan kategori Very Good Agreement. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa E-LKPD Fisika Berbasis Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik sudah memenuhi persyaratan E-LKPD yang baik dari aspek valid dan praktis, sehingga bisa digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik dalam pembelajaran untuk materi pemanasan global di kelas X SMA/MA dan bisa di ujicobakan pada tahap efektifitas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | U Umum (General) > Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:15 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:15 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22420 |
Actions (login required)
View Item |