PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF BERBANTUAN HEYZINE PADAMATERI KINEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA

Fadli, Muhammad Hasan (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA INTERAKTIF BERBANTUAN HEYZINE PADAMATERI KINEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (587kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena penggunaan Modul Pembelajaran yang kurang menarik, Serta kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran, ini disebabkan kurangnya keterssedian media pembelajaran seperti E-Modul yang interaktif di sekolah, guru yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengembangkan dan membuat E-Modul, dan Peserta didik yang kecanduan game online juga menjadi faktor faktor penyebab rendah nya minat peserta didik dalam pelajaran, dampak dari Masalah ini jika tidak di atasi akan ber akibat pada hasil belajar peserta didik itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul Fisika interaktif berbantuan Heyzine terhadap Minat Belajar peserta didik yang valid, praktis dan Efektif. Penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangannya adalah preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan kajian literatur, analisis kebutuhan dan konteks, dan pengembangan kerangka kerja yang menghasilkan desain awal E-modul interaktif. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototype, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototype. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan E-Modul Fisika interaktif yang praktis dan Efektif melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui angket praktikalitas terhadap peserta didik dan pendidik SMA 1 Kota Pariaman. Analisis data angket dilakukan secara kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa E-Modul Fisika Interaktif Berbantuan Heyzine Pada Materi Kinematika Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Sma/Ma sangat valid dengan skor rata- rata 86,79% dengan persentase kelayakan materi/isi 85.71 %, kelayakan media 82.66 % dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan keterbacaan produk dengan skor rata rata 81.55 % dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata – rata 80% dan peserta didik 83.11 %. Uji kepraktisan Navigasi produk dengan skor rata rata 84.28 % dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata – rata 85.71 % dan peserta didik 82.85 %. Uji Keefektifan Produk dengan skor 81.25 % Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa E-Modul Fisika Interaktif Berbantuan Heyzine Pada Materi Kinematika Terhadap Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif yang bisa digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Heyzine, Kinematika
Subjects: U Umum (General) > Fisika
L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:23
Last Modified: 02 Sep 2024 02:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item