Filestri Diningsih, filestri (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING KELAS IV SDN 24 SUMPUR KUDUS KABUPATEN SIJUNJUNG. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover, persetujuan pembimbing, abstrak)
cover, hal.persetujuan, abstrak.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I (6).pdf - Published Version Download (91kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II (7).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III (8).pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV (9).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V (10).pdf - Published Version Download (19kB) |
|
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN (11).pdf - Published Version Download (28kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL)
gabung.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK FILESTRI DININGSIH NIM 1314070185 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Kelas IV SDN 24 Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di kelas IV SDN 24 Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung yang sebagian besar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan karena kurang terjalinnya diskusi dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik yang pintar semakin pintar dan yang kurang pintar tidak mengalami peningkatan hasil belajar, serta penggunaan strategi pada pembelajaran matematika kurang bervariasi. Upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi active learning tipe active knowledge sharing dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan Strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari empat komponen, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2017 dalam dua siklus, dengan cara berkolaborasi antara peneliti dengan pendidik, dimana peneliti sebagai praktisi dan wali kelas IV sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 24 Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 22 orang peserta didik yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Data penelitian berupa tes hasil belajar peserta didik. Hipotesis tindakan penggunaan strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang dan segitiga. Hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas baru mencapai 16 orang dari 22 orang peserta didik, dengan ketuntasan belajar 72,73% dan rata-rata kelas 79,5. Pada siklus II jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 19 orang peserta didik, dengan ketuntasan belajar 86,36% dan rata-rata kelas naik menjadi 80,9. Pada siklus II ini ketuntasan belajar peserta didik sudah mencapai tingkat keberhasilan karena sudah mencapai 85% dari jumlah peserta didik yang ada di kelas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 24 Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung dalam materi pembelajaran menentukan keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Users 32 not found. |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 06:40 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 06:40 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2145 |
Actions (login required)
View Item |