YENI NOVITA SARI, YENI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTEINMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN NAN SABARIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN IB Padang.
Text (cover, persetujuan pembimbing dan abstrak)
cover.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (330kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (501kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (FILE GABUNGAN)
file gabungan yeni-Merged.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Yeni Novita Sari Nim (1314080568) : Penerapan Model Pembelajaran Concept Atteinment pada Pembelajaran Fisika Peserta Didik Kelas VII MTsN Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, skripsi : Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam bonjol Padang. 2018. Hal 1-95. Pembelajaran di kelas VII MTsN Nan Sabaris masih berpusat pada pendidik, sehingga keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran masih kurang. Kurangnya interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang mempengaruhi penguasaan konsep peserta didik. Selain itu proses pembelajaran yang disajikan masih belum bervariasi, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat hasil belajar fisika peserta didik rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar fisika peserta didik masih banyak berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Solusi untuk meningkatkan hasil belajar fisika adalah dengan penerapan model pembelajaran concept atteinmnet. Model pembelajaran concept attainment ini merupakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik menemukan konsep melalui berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran concept attainment memberikan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VII MTsN Nan Sabaris kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN Nan Sabaris tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik cluster random sampling dan sampel penelitian adalah kelas VII3 sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran concept atteinment) dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Tes akhir belajar diberikan pada kedua kelas sampel sebanyak 30 soal objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian ini, aspek afektif kedua kelas memberikan hasil yang berbeda. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar aspek afektif peserta didik kelas eksperimen 93,83% dan kelas kontrol 90,13%. Aspek psikomotor kedua kelas juga memberikan hasil berbeda, hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar aspek psikomotor peserta didik memberikan hasil yang berbeda kelas eksperimen 93,50 dan kelas Kontrol 89,59. Aspek kognitif kedua kelas terlihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik untuk kelas eksperimen 80,14 dan kelas kontrol 71,14. Berdasarkan analisis data yang diperoleh thitung = 2,888 , karena, thitung > ttabel (2,888 > 1,629), maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar fisika peserta didik menggunakan model pembelajaran concept attainment lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN Nan Sabaris kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 03:50 |
Last Modified: | 03 Jul 2018 03:50 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |