Manajemen Kurikulum Merdeka di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman

Nabila, Rindhiya (2024) Manajemen Kurikulum Merdeka di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar isi)
Skripsi Rindhiya N Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Skripsi Rindhiya N BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
Skripsi Rindhiya N BAB III.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB V AN DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Rindhiya N BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Rindhiya N Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penerapan manajemen kurikulum sangat menentukan kualitas sebuah lembaga pendidikan. Karena mencangkup bidang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan kurikulum yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan manajemen kurikulum merdeka di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman (2) megetahui bentuk pelaksanaan manajemen kurikulum di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman (3) menguraikan evaluasi manajemen kurikulum merdeka di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 12 Cubadak Mentawai Kota Pariaman dengan megumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan pada bagian akhir. Dan menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triagulasi sumber, triagulasi teknik triagulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Kurikulum merdeka di SDN 12 Cubadak Mentawai yang dilakukan mulai tahun ajaran 2021/2022 dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan bertumpuan pada buku panduan dan platform merdeka mengajar (PMM). (2) Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada tingkat sekolah dengan mengikuti lokakarya dan diberi bantuan dana oleh pemerintah. Pelaksanaan Kurikulum merdeka tingkat kelas dengan menggunakan metode berdiferensiasi. Dalam penyususnan pembelajaran menggunakan modul ajar dan strategi yang digunakan dalam penerapannya yaitu dengan memberikan pelatihan. (3) Evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka dilakspeserta didikan dengan asesmen diagnostic, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Asesmen diagnostik merupakan asesmen uang digunakan sebagai acuan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuan. Asesmen formatif merupakan asesmen yang dilakukan pada peserta didik, seperti melakukan latihan harian dan kerja kelompok, sedangkan asesmen sumatif dilakukan dengan cara memberikan tugas terhadap siswa guna menambah nilai formatif jika diperlukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka
Subjects: Agama Islam
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 01:44
Last Modified: 31 Mar 2024 01:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item