Kesiapan Guru terhadap Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok

Putri, Fadhilla (2024) Kesiapan Guru terhadap Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwasanya sudah terdapat persiapan guru terhadap perencanaan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan kurikulum merdeka, terutama dalam penyusunan perencanaan pembelajaran. Namun dalam pembuatan atau persiapan pembelajaran guru merasa bingung dalam penerapan dan pembuatan asesmen diagnostik, dan permasalahan lainnya yang di alami oleh guru yaitu berkaitan dengan penilaian sumatif, hal ini terjadi karena guru yang bersangkutan baru menjalankan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesiapan Guru Terhadap Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Jenis penelitiannya adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Subjek penelitiannya ialah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajar dikelas XI. Penelitian ini difokuskan pada proses persiapan guru terhadap perencanaan pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Data yang diperoleh yaitu persiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam membuat modul ajar, persiapan dalam membuat Lembar Kerja Peserta Didik, dan persiapan penggunaan media pembelajaran. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara bersama guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI, wakil kepala Kurikulum, wakil kepala Sarana dan Prasarana, kepala sekolah dan terakhir yaitu peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Kubung Kabupaten Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merancang modul ajar sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan lembaga. (2) kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik sudah siap namun belum maksimal dalam assesmen. (3) Kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mempersiapkan media pembelajaran sudah terlaksana dan dikatakan siap yang ditandai dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini bahwa kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sudah terlaksana mulai dari perancangan modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, dan sampai dengan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Guru, Perencanaan, Perancangan, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 07:44
Last Modified: 30 Mar 2024 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item View Item