Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Adilla, Novia (2024) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (File Cover-Daftar Isi)
File Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (Bab 1)
Novia Adilla File BAB I.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (File BAB III)
File BAB III.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (File BAB V dan Daftar Pustaka)
File BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Full Text)
Novia Adilla ile Full Text (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang ini berdasarkan studi pendahuluan peserta didik yang belum aktif dalam proses pembelajaran yang mana pendidik belum mengaktifkan peseta didik terlihat dari banyaknya peserta didik yang kurang aktif, kurang semangat, dan tidak memiliki keberanian untuk tampil dalam mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran.. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan model pembelajaran yang lebih meningkatkan minat belajar peserta didik. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pretest, posttest dan pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat Tujuan penelitian secara umum untuk menguji pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Secara khusus untuk mengetahui bagaimana pretest dan posttest dan pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Minat belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Manfaat penelitian secara teoritis adalah menerapkan model pembelajaran dalam pendidikan khususnya model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament, secara praktis penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, sekolah dan peneliti lanjutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian Postest-Only Control Group Desaign. Populası dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII I sebagai kelas kontrol dan VIII 3 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan berupa pernyataan angket analisis data secara deskriptif yang didahului dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar kelas eksperimen yang menerapakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan minat belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament cukup. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada sofware SPSS 21, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan Thitung > Ttabel yaitu 11.172 > 2,052 artinya terdapat pengaruh minat belajar Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dibanding dengan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 07:54
Last Modified: 21 May 2024 07:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20528

Actions (login required)

View Item View Item