Gusneli, Sri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Google Site Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Di SMPN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (cover)
COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (767kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (975kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (574kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMPN 1 Gunung Tuleh tahun 2022/2023 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Guru masih menggunakan model pembelajaran berupa ceramah dan diskusi tanpa menvariasikan dengan media, sehingga peserta didik kurang semangat dan bermalas-malasan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan Model Blended Learning berbantuan Google Site pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu; (1) Untuk mengetahui gambaran post-test hasil belajar kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMPN1 Gunung Tuleh (2) Untuk mengetahui gambaran post-test hasil belajar kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMPN 1 Gunung Tuleh (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Site terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMP Negeri 01 Gunung Tuleh. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (Quasy Eksperimental). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMPN 1 Gunung Tuleh tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling, dengan cara Simple Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah IX 1 dan kelas kontrol adalah IX 2. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai Post-Test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 85, 13 dan rata-rata nilai Post-Test kelas kontrol adalah 73,85. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,002<0,05 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Site terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IX di SMPN 1 Gunung Tuleh. Kata Kunci: Model Blended Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Blended Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum L Education > L Education (General) Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 04:54 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 04:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20451 |
Actions (login required)
View Item |