Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Cerita bergambar Kelas VIII MTsN 1 Sawahlunto.

Hafidzha, Nurul (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Cerita bergambar Kelas VIII MTsN 1 Sawahlunto. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Nurul Hafidzha 1714040082 Cover.pdf - Published Version

Download (895kB)
[img] Text (Bab 1)
NurulHafidzha(1714040082) BAB 1.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Bab 3)
Nurul Hafidzha (1714040082) BAB III.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (Bab 5)
Nurul Hafidzha (1714040082) BAB V.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (Full Text)
Nurul hafidzha(1714040082) FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1 Sawahlunto. Beberapa faktor yang melatar belakangi hal tersebut adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan berupa LKPD dimana soal-soal yang ada pada LKPD kebanyakan berupa soal rutin dan jarang membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Selain itu LKPD sebagai bahan ajar belum menunjang penanaman sikap spritual. Dengan demikian, hal tersebut mendasari peneliti untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Cerita bergambar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis literatur, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran, serta analisis pendidik dan peserta didik. Pada tahap design (perancangan) dilakukan perancangan LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Cerita bergambar serta penyusunan instrumen penelitian. Pada tahap develop dilakukan uji validitas (self evaluation dan expert review) dan uji praktikalitas (one to one evaluation dan small group). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar angket praktikalitas, dan lembar wawancara. Validasi dilakukan oleh 3 pakar matematika, 1 pakar teknologi pendidikan, dan 1 pakar bahasa Indonesia. Uji praktikalitas terhadap LKPD dilihatdari lembar angket praktikalitas dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukan (1) LKPD matematika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan Cerita bergambar telah memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata keseluruhan 85,88%; (2) LKPD matematika berbasis model Contextual Teaching And Learning (CTL) telah memenuhi kriteria sangat praktis berdasarkan hasil angket dan wawancara dengan rata-rata 88,54% untuk pendidik dan 87,23% untuk peserta didik. Secara umum, LKPD matematika menggunakan (Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan cerita bergambar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata Kunci: LKPD, Contextual Teaching And Learning, cerita bergambar dan system persamaan linear dua variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKPD
Subjects: U Umum (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 21 May 2024 08:14
Last Modified: 21 May 2024 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item