Pengembangan E-Modul Fisika Permainan Gasing Pada Materi Dinamika Rotasi Terhadap Keterampilan Berpikir dan Kreatif Peserta Didik

Mayolina, Elsa (2024) Pengembangan E-Modul Fisika Permainan Gasing Pada Materi Dinamika Rotasi Terhadap Keterampilan Berpikir dan Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover - Kata Pengantar Elsa Mayolina.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I .pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXS Elsa Mayolina fix (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih lemahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Serta masih kurangnya bahan ajar yang di itegrasikan dengan kearifan lokal pada saat pembelajaran fisika sehingga peserta didik masih kesulitan dalam belajar secara mandiri. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menunjang kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul Etnosains permainan gasing pada materi Dinamika Rotasi dan Gerak Melingkar yang valid, praktis dan efektif Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan. Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan analisis literatur. Pada tahap pengembangan atau prototype dilakukan perancangan terhadap E-Modul Etnosains yang terlebih dahulu di validasi oleh tiga orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan media menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 1 orang pendidik SMAN 6 Kota Padang dan 20 peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Uji efektivitas diberikan tes kepada 20 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa setelah menggunakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Permainan Gasing sangat valid dengan skor rata-rata 86,23% dengan persentase uji kelayakan materi/isi 87,5%, kelayakan bahasa 92% dan kelayakan media 86,6%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata-rata 83% dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata-rata 92,27% dan peserta didik 84,55%. Sedangkan keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan skor rata-rata oleh hasil soal tes peserta didik 83% yang tergolong kategori efektif. Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa E-Modul Fisika Permainan Gasing terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didk memenuhi persyaratan dengan kualitas valid, praktis dan efektif digunakan sebagai E�Modul Fisika di SMA/MA. Kata kunci : E-Modul, Etnosains, Permainan Gasing, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Permainan Gasing, Etnosains, Berpikir Kritis dan Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Fisika
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 May 2024 08:30
Last Modified: 17 May 2024 08:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19905

Actions (login required)

View Item View Item